Kenali Yuk, Sejarah Batik, Ciri Khas, Model Baju, Termasuk Model Rok Batik!

Kini, batik sudah menjadi ciri khas dan identitas serta budaya orang Indonesia. Batik yang dulunya hanyadianggap sebagai kain tradisional saja dapat bertransformasi menjadi kain yangkini kian populer. Kain batik saat ini banyak digunakan sebagai atasan, jas,gamis, hingga dijadikan sebagai rok kebaya modern.

Banyak yang menggunakan batik untuk hadir di berbagai kegiatan resmi. Namun tak jarang jugamereka yang mengenakan batik saat pergi ke kantor maupun kuliah. Bahkanbeberapa acara undangan di luar negeri pun kadang meminta para undangannyauntuk menggunakan pakaian khasnya. Dapat dikatakan pakaian khas Indonesia, yabatik inilah.

Sekilas kita hanya mengetahui batik tanpa paham dan tahu akan sejarahnya. Lalu apakah kita akanmerasa bangga mengenakan batik jika kita tak kenal dan tak tau informasi tentang batik. Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini ya.

Kata batik berasal dari penunjukkan bahasa Jawa dengan ejaan aslinya adalah “bathik”. Keberadaan huruf“h” di dalam suku kata “-thik” menyaratkan adanya perbedaan pelafalan antara“bathik” bahasa Jawa dengan “batik” bahasa Indonesia. Di mana ba-thik adalah perpaduan dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu amba dan thik. Maksudnya adalah luas, kain yang luas dan berbeda.

Batik sendiri memiliki dua definisi, yaitu menunjuk pada kain dan metodenya. Definisi yang pertama, batik merupakan kain yang pada proses pembuatan polanya dilukis dengan lilin kemudian dicelup ke dalam cairan pewarna untuk pewarnaannya. Definisi yang kedua, batik merupakan suatu metode pembuatan pola pada kain dengan caramelukisnya dengan lilin, kemudian kain dicelup untuk mewarnai bagian yang tak dilukis. Orang Indonesia yang sedang melakukan aktivitas pembuatan batikdisebut dengan “membatik”.

Dahulu, batik sendiri memiliki beberapa pola yang dapat mewakili status kebangsawanan di Indonesia,terutama yang ada di daerah Jawa. Hingga pekerjaan membatik ini banyak dilakukan oleh kaum perempuan sebab dianggapmembatik ini membutuhkan keterampilan dan kesabaran tingkat tinggi. Namun, saatini juga sudah mulai banyak kaum lelaki yang ikut membuat batik, karena sudahbanyak teknologi yang digunakan untuk membuat batik cap. Teknologi ini mampu membuat produksi batik yang banyak dalam waktu yang singkat.

Penamaan batik sendiri di Indonesia memiliki keragaman. Biasanya memang mengacu kepada asaldaerah dan jenis polanya. Beberapa batik sengaja diambil namanya dari daerahasalnya, seperti Batik Pekalongan, Batik Madura, Batik Solo, Batik Yogyakarta,Batik Cirebon, hingga Batik Keraton dan Batik Sida Luhur yang mewakili jenis batik berdasarkan polanya.

Semakin ke sini batik menjadi semakin tenar dalam industri busana, selain itu daya cipta pola batik juga semakin berinovasi dan berkembang,hingga akhirnya muncul nama nama baru kekinian dalam dunia batik.

Dengan kain batik ini pula, bagi perempuan dapat diubah menjadi baju kekinian yang menarik untuk digunakan. Misalnya saja menjadi atasan seperti tunik, menjadi outer,menjadikannya sebagai gamis serta gaun pesta yang indah, hingga dapat diubah menjadi model rok batik kekinian, namun elegan.

Para perancang busana batik sendiri saat ini sudah sering mendapatkan penghargaan positif darimasyarakat. Karena juga mampu membawa rancangan modenya ke dalam kancah internasional dengan batik sebagai bahan utamanya.

Inilah beberapa contoh penggunaan batik, mulai dari atasan, outer, jas, gaun, celana batik hingga pada model rok batik . Beberapa di antaranya juga cocok jadi bawahan setelan wisuda, https://review.bukalapak.com/fashion/7-model-kain-yang-cocok-jadi-bawahan-kebaya-modernmu-saat-wisuda-27640

Jadi makin bangga kan menggunakan batik sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *