Efektifkan Waktu Berdandan dengan Menggunakan Model Rok Lilit Instan!

Rok lilit instan merupakan jenis rok yang biasanya dijadikan bawahan untuk acara formal atau pesta. Selembar kain dengan sisi yang bersilang tersebut menjadi favorit alternatif bawahan kaum wanita karena selain motif dan warnanya yang sangat variatif, model rok ini juga tidak menghabiskan waktu yang lama dalam pengaplikasian atau penggunaannya sehingga akan sangat mengefektifkan waktu berdandan para wanita. Hal ini tak lain tak bukan adalah karena rok lilit tidak perlu dijahit untuk dapat dililitkan pada badan pemakainya sehingga sangatlah praktis dalam pemakaiannya. Meski begitu, cara memakai kain lilit memang sedikit berbeda dengan memakai kain lainnya.

Berikut adalah ulasannya!

  1. Model draperi

Model rok lilit instan yang pertama adalah model draperi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), draperi  merupakan bahan yang dilipit secara dekoratif dan bergantung lepas sebagai hiasan. Model rok ini sebenarnya telah ada sejak lama yakni pada tahun 1600 sebelum masehi dan hingga saat ini masih banyak digunakan untuk bawahan busana formal kaum wanita terutama wanita Asia.

Pada model ini, kamu tidak perlu menggunakan ring atau aksesoris tambahan dalam pemakaiannya. Sebagai gantinya, sisa lilitan hasil pemakaian yang cukup panjang cukup ditarik hingga mengelilingi pinggang. Sebagai tahap akhir, sematkan ujung kain bagian atas hasil lilitan kain ke bagian dalam lilitan sehingga tampilan kamu akan rapi dan tentu saja tanpa harus memakan waktu yang lama.

Bagaimana? Praktis bukan?

  1. Lilit galembong

Cara kedua dalam memakai rok lilit adalah dengan menggunakan model lilit galembong. Model lilit yang berasal dari suku Madura ini tak kalah mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan model lilit yang lainnya.

Pertama-tama, ikatlah bagian kain lilit yang melebar ke pinggang lalu geraikan bagian panjangnya ke bagian belakang tubuh melewati sela kaki. Setelah itu, tarik bagian ujung kain ke arah atas lalu ikat ujung kain tersebut pada pinggang dari awah belakang.

Selain modelnya yang unik, hal lain yang harus diketahui adalah, model lilit galembong ini juga dapat menggunakan kain yang lebih pendek sehingga akan kamu akan lebih fleksibel dalam mengaplikasikan model lilit kain ini apabila tidak memiliki kain yang panjang di rumah.

  1. Menggunakan ring

Model kain lilit dengan menggunakan aksesoris ring. (https://review.bukalapak.com/fashion/5-cara-pakai-kain-lilit-yang-mudah-dan-sesuai-dengan-bentuk-tubuhmu-4830 )

Cara ketiga dalam pemakaian kain lilit adalah dengan menggunakan aksesoris ring. Penggunaan aksesoris ring pada rok lilit menjadikan pemakainya memiliki tampilan yang lebih modis berapapun usia pemakainya.

Adapun cara pemakaiannya rok lilit dengan menggunakan ring ini dilakukan dengan memasukkan ujung kain lilit pada ring yang diletakkan di bagian tengah perut. Setelah kedua ujung kain dimasukkan ke dalam ring, lilitkan kain dari arah kanan ke sisi kiri kemudian ikat dengan kencang. Aplikasikan juga pada ujung sebelah kiri, lalu ikat ke belakang dengan kencang.

  1. Lilit model pendek

Model lilit yang keempat adalah lilit model pendek. Lilit model ini digunakan bagi wanita yang lebih menyukai tampilan berkaki jenjang serta kemudahan dalam melangkah. Cara pemakaiannya pun sama dengan kain lilit biasa. Kamu juga dapat menggunakan ring atau aksesoris lain dalam pemakaiannya. Selain itu, jenis model kain lilit ini dapat dipadupadankan dengan kebaya atau kemeja polos untuk tampilan yang formal, namun terkesan sedikit santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *