Cara Perawatan Jaket Kulit yang Harus Kamu Utamakan!

Jaket termasuk pelapis pakaian yang juga memiliki fungi sebagai pelindung bagi kulit tubuh. Biasanya jaket digunakan saat cuaca sedang dingin maupun terik untuk melindungi kulit agar tetap terjaga. Beberapa memang ada yang diributkan pada masalah perawatan jaket itu sendiri, terlebih bila jaket yang dimiliki berbahan dari kulit,baik kulit binatang asli atau kulit buatan (sintestis). Beberapa model jaket kulit terbaru sudah mulai nampak di penghujung tahun ini. Khususnya di Indonesia sendiri yang telah berada pada keadaan di mana bulan bulan pada akhir tahun ini memiliki cuaca yang lebih dingin dari biasanya, bahkan intensitas hujan yang lebih banyak dibandingkan bulan bulan lainnya.

 

 

Merawat pada dasarnya memang lebih sulit tingkatannya daripada memiliki. Karena memang sifat manusia yang lebih banyak kemauan untuk memiliki dibandingkan dengan kemauan untuk merawatnya, termasuk halnya dengan cara merawat jaket kulit.

Di balik itu, cara perawatan jaket kulit memang agaknya perlu diperhatikan karena tidak sama dengan perawatan jaket biasa, hal ini tentunya memang disesuaikan dengan keunggulannya yang lebih dibandingkan jaket berbahan kain biasa lainnya.

Sedang asyik ada di jalan atau hang out bersama dengan teman teman, tiba-tiba saja jaket kulit kesayangan Anda terkena noda yang cukup terlihat dan agak sulit untuk dihilangkan. Tentunya panik dong ya, kira-kira apakah noda tersebut akan terus menempel atau dapat dihilangkan?

Beberapa cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan langkah berikut ini:

  • Bila sedang berada di luar rumah dan tiba-tiba jaket kulit Anda terkena noda seperti noda makanan, minyak, dan lain-lain. Segera lakukan pembersihan.
  • Gunakan lap atau tissue yang telah dibasahi dengan air, lalu usapkan secara perlahan pada jaket yang terkena noda.
  • Bila terlihat noda agak membandel, Anda dapat ke toilet sebentar untuk mencampurkan cairan air dengan sabun, dan ulangi cara di

 

Langkah di atas memang merupakan pertolongan pertama saat jaket kulit kesayangan Anda terkena noda dan Anda sedang berada di luar rumah, selengkapnya juga terdapat pada tautan ini : https://review.bukalapak.com/fashion/fashion-5-cara-merawat-jaket-kulit-agar-tetap-awet-9021-9021

 

 

Bila sudah kembali ke rumah, langkah yang harus dilakukan tentu saja dengan mencucinya. Agar tidak semakin lama menempel nodanya hingga akhirnya semakin sulit untuk dibersihkan.

  1. Yang pertama, Anda bisa lakukan perawatan atau mencuci seperti biasa. Dengan menggunakan campuran air dan sabun. Yang perlu diperhatikan adalah jangan gunakan detergen dengan konsentrasi tinggi, Anda dapat gunakan shampo, atau shampo bayi, bahkan cairan pencuci piring.
  2. Hindari pula mencuci yang menggunakan mesin cuci, sebaiknya lakukanlah hal ini secara manual saja. Lalu jemurlah dalam keadaan basah, jangan memeras jaket kulit Anda. Biarkan untuk melakukan pengeringan alami. Dan tentunya hindari menjemur yang langsung terkena sinar matahari.
  3. Cara perawatan jaket kulit selanjutnya adalah Anda dapat menggunakan jasa laundry khusus jaket kulit atau menggunakan perawatan secara profesional. Hal ini tentunya karena pada beberapa kulit yang diproduksi menjadi jaket akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda termasuk cara merawatnya. Tentunya mereka akan lebih paham bagaimana cara merawatnya dibandingkan kita.
  4. Lakukanlah perawatan jaket kulit secara rutin pula. Baca penggunaan perawatan yang telah ditunjukkan oleh produsen. Jangan lupa untuk mengecek setiap bagian yang ada, terutama pada lipatan lipatan jaket, guna menghindari adanya bagian-bagian yang terlihat kering sebelum kulitnya pun retak. Untuk ini Anda dapat gunakan cairan atau produk khusus seperti lotion untuk menjaga agar permukaan jaket kulit Anda tetap lembab.

 

Semoga tips singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *