Desain Batik Modern Masa Kini

Baju batik bisa kamu gunakan dalam acara apapun. Kalau dulu penggunaan batik biasanya pada acara adat ataupun acara tradisional lainnya, berbeda dengan sekarang, berbagai macam model batik modern telah hadir dengan berbagai macam motif yang stylish. Bagi pengguna wanita, model baju batik wanita juga bisa digunakan di berbagai macam kegiatan, mulai dari ke kampus, bekerja, acara semi formal ataupun sekedar untuk berjalan-jalan.

Model baju batik memang harus mengikuti zaman, karena kalau tidak begitu maka budaya batik tidak akan lestari. Berikut ini cara untuk melestarikan baju batik modern di berbagai acara:

  1. Baju Batik Wanita Hanbok Outer

Desain batik modern memang tak selalu Indonesia banget, seperti model batik yang satu ini. Batik wanita hanbok outer dengan model seperti pakaian Jepang atau Korea bisa kamu gunakan. Model batik handbook outer cocok untuk acara formal ataupun semi formal. Kamu bisa memilih model baju batik ini dengan perpaduan atara motif batik dan warna polos, dan penggunaan warna yang cerah akan membuatmu tampil lebih cantik. Kamu bisa memasangkan baju batik ini dengan bawahan celana kain ataupun rok, tergantung selera.

 

  1. Model Batik Jaket

Model batik modern yang lagi ngetrend juga adalah batik dengan bagian atas seperti jaket pendek atau panjang. Umumnya batik ini memiliki panjang selutut, namun kamu juga bisa mengkreasikannya dengan panjang sampai mata kaki. Model batik long dress ini cocok untuk acara semi formal.

 

  1. Model Batik Kerah Sanghai

Model desain batik modern lain yang bisa kamu kreasikan adalah model batik kerah sanghai. Model baju batik ini khas dengan lengan pendeknya. Berbagai desainer juga telah mengkreasikan model jenis ini dengan rok modern dengan model knee length atau bisa kamu modifikasi dengan panjang sampai mata kaki  dengan menonjolkan corak bunga besar. Dengan menggunakan model ini kamu akan terlihat mewah.

 

  1. Perpaduan Antara Kain Batik Dan Kain Satin

Selain bisa menggunakan brokat untuk kombinasi kain batik, ternyata kombinasi dengan kain satin juga cocok. Kain satin sendiri memiliki sifat yang halus dan mengkilau, jika kamu memadukannya dengan kain batik, maka kamu akan terlihat mewah dan berkilau. Untuk modelnya, kamu bisa menggunakan kain satin untuk dalam dan kain batik sebagai luaran, dengan bentuk blazzer atau model lainnya. Jika kamu menyisakan kain satin ketika menjahit, jangan keburu dibuang karena kain sisa satin tersebut bisa kamu pergunakan untuk membuat ujung lengan, ikat pinggang, kerah dress, dan lainnya.

 

  1. Kemeja Batik Untuk Kerja

Bagi para pekerja, sudah semestinya melestarikan warisan bangsa dengan menggunakan batik sebagai salah satu seragamnya. Kamu bisa lihat, PNS, pekerja BMUN ataupun swasta sebagian besar mempunyai pakaian seragam batik.  Dengan model kekinian dan juga perpaduan warna yang pas bisa membuat batik kerja akan semakin digemari. Umumnya model batik kerja ini berlengan panjang, namun kamu bisa berkreasi dengan pemilihan kerah wangki dari bahan katun ataupun kain dengan kerah shanghai. Penggunaan baju batik di berbagai instansi bisa mencerminkan sopan santun dan formal. Selain kerah, kamu juga bisa berkreasi dengan baju batik kerja dalam pemasangan kancing. Panjang lengan mulai dari lengan pendek, ¾, dan lengan Panjang. Dengan hadirnya baju batik di instansi maka kesan kaku model berbusana akan hilang, karena penggunaan model berbagai batik modern yang fashionable.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *