Tips Merawat Kemeja Kerja yang Baik dan Benar Agar Tetap Awet

Kemeja kerja umumnya menjadi outfit yang biasa digunakan oleh pegawai kantoran. Jenis kemeja ini biasanya dijual dengan model lengan pendek dan ada juga yang berlengan panjang dengan maset. Untuk pria, kemeja akan membuat penampilan terlihat lebih formal, maskulin, dan lebih berwibawa. Dengan pemilihan warna, motif, dan bahan yang sesuai akan membuat penampilan menjadi outstanding saat di lingkungan kerja.

Tips Merawat Kemeja Kerja yang Baik dan Benar Agar Tetap Awet

Mengingat pentingnya fungsi kemeja untuk mendukung penampilan di lingkungan profesional, maka sudah sewajarnya untuk melakukan perawatan terbaik. Anda tidak mau kan koleksi kemeja yang Anda miliki tidak layak pakai karena kurangnya perawatan? Untuk itu, Anda bisa mulai dari sekarang untuk menjalankan tugas ini. Perawatan yang bisa dilakukan, seperti melakukan pencucian, penjemuran, menyetrika, dan penyimpanan. Agar tidak salah langkah, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Pencucian.

Untuk mendukung penampilan, kemeja kerja yang bersih dan rapi menjadi salah satu kuncinya. Untuk itu membersihkan kemeja setelah digunakan seharian bekerja sangat penting dilakukan. Agar kemeja senantiasa awet digunakan dalam jangka waktu lama, lakukan proses pencucian yang benar. Rata-rata bagian kerah dan lengan kemeja lebih mudah kotor dibandingkan dengan bagian kemeja lainnya. Untuk itu saat mencuci dengan mesin cuci, bersihkan terlebih dahulu bagian kerah dan lengan kemeja yang kotor tersebut. Anda bisa mengucek manual dengan perlahan pada bagian tersebut.

  • Penjemuran.

Menjemur di bawah terik matahari memang akan membuat kemeja cepat kering. Namun hal ini bisa membuat warna kemeja semakin pudar jika dilakukan berulang-ulang. Sedangkan jika dijemur dengan cara diangin-anginkan saja, kemeja akan kurang maksimal keringnya dan cenderung menjadi apek. Hal ini tentu membuat Anda serba salah. Tapi jangan khawatir, karena ada alternatif lain yang bisa Anda ambil, yaitu dengan menjemur di bawah terik matahari namun dengan membalik bagian dalam kemeja agar berada di bagian luar. Sehingga warna kemeja bagian baik bisa terlindungi.

  • Menyetrika.

Tampil rapi dengan kemeja yang licin tentu akan membuat penampilan menjadi enak dipandang. untuk itu, jangan lupa menyetrika kemeja setelah kering dari penjemuran. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menyetrika dengan menyemprotkan pewangi atau pelembut pakaian. Sehingga kemeja yang Anda pakai nantinya tak hanya rapi namun juga wangi. Gunakan suhu sedang saja untuk menyetrika kemeja Anda.

Baca juga: Kemeja Kerja Wanita Terbaru 2018

  • Penyimpanan.

Untuk penyimpanan kemeja kerja tidak seperti saat menyimpan baju kaos. Anda tidak perlu melipat kemeja dan menaruhnya di rak lemari baju. Karena hal ini bisa meninggalkan bekas lipatan pada kemeja. Sehingga saat dipakai sewaktu-waktu terlihat tidak rapi. Sebaiknya simpan kemeja Anda dengan cara digantung hanger dan taruh di bagian lemari yang khusus untuk baju yang digantung. Taruh kamfer di dalam lemari agar kemeja dan baju-baju lain yang disimpan di dalam lemari tidak berbau apek.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *