Berkenalan dengan 4 Karakter Kain Sutra yang Khas dan Terkesan Mewah

Jenis dari kain sangat banyak namun beberapa cukup populer karena memiliki kelebihan yang khas dan salah satu contohnya adalah kain sutra. Kain bernama sutra ini terbuat dari kepompong ulat sutra yang diolah menjadi pintalan benang kemudian diproses sampai menjadi lembaran kain. Tentunya bisa dikatakan jika kain jenis ini terbuat dari bahan alami dan mayoritas masih dikerjakan secara manual untuk hasil terbaik. Jika membahas mengenai kain yang mahal maka sutra dijamin akan berkaitan dengan pembahasan tersebut.

Berkenalan dengan 4 Karakter Kain Sutra yang Khas dan Terkesan Mewah

Karakter Bahan Sutra

Sebagai jenis kain yang dikenal mahal dan dipergunakan untuk pembuatan baju pesta yang mewah dan elegan. Sudah tentu bahan sutra ini memiliki karakter khas yang membuatnya terkesan mewah, adapun karakter tersebut adalah:

  • Merupakan kain dengan serat yang kuat,

Siapapun yang sudah mengenal atau memiliki baju yang terbuat dari bahan sutra tentu mengakui jika bahan satu ini cenderung kuat. Serat kainnya bahkan sering disamakan dengan serat dari kawat saking kuatnya karena tidak mudah sobek dan tahan lama. Tak rugi merogoh kocek dalam untuk membeli kain satu ini karena lebih awet dibanding kain jenis lainnya.

  • Terasa lembut saat menyentuh kulit,

Meskipun seratnya kuat sekuat kawat tembaga namun permukaan dari kain sutra ternyata terasa lembut. Hal ini karena serat kain di sutra ini cenderung halus yang membuat hasil tenunannya sangat rapat. Permukaannya pun terasa lebih lembut bahkan mudah jatuh ketika dikenakan. Meskipun dikenal sebagai kain mahal namun sutra tidak berat karena tebalnya pas, meski cenderung ringan melayang namun tidak transparan sebab serat kainnya memang rapat.

Baca juga: Membedakan Kain Sutera Asli dengan Sintetis

  • Tampilannya berkilau seperti mutiara,

Salah satu keistimewaan bahan sutra adalah penampakan kainnya yang berkilauan seperti ada mutiara di dalamnya. Inilah ciri khas kain yang mahal yakni belum diproses pun kain tersebut sudah menunjukan kesan elegan. Sutra mampu menghadirkan kain yang kuat sekaligus tampak mahal dengan kilauan yang dihasilkannya secara natural. Berbeda dengan satin yang cenderung licin, kain berkilau satu ini sifatnya jatuh ketika dikenakan sehingga nyaman. Melirik tampilannya yang mewah maka banyak dirujuk untuk pembuatan baju pesta yang glamor.

  • Menyerap keringat dengan baik,

Meskipun kainnya nampak berkilau namun berbeda jauh dengan satin, selain tidak licin ternyata bahan sutra juga punya kemampuan baik menyerap keringat. Tidak kalah dengan kain katun yang kerap dipakai masyarakat di daerah tropis seperti Indonesia. Jika Anda ingin menghadiri pesta outdoor tentu butuh baju pesta yang tidak hanya elegan namun juga tidak panas. Maka baju berbahan sutra menjadi rujukan paling tepat, karena meski nampak elegan ternyata kain sutra punya kemampuan baik menyerap keringat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *