Ini Dia 4 Jenis Bahan Pakaian yang Adem dan Cocok Dibuat Gamis

Mengenal karakter maupun jenis dari bahan pakaian tentu sangatlah penting supaya merasa nyaman saat mengenakan pakaian tersebut. Saat ini dalam memilih pakaian tak cukup hanya berdasarkan modelnya yang lucu, bagus, ataupun mewah. Kualitas bahannya pun perlu dicek dengan teliti sehingga tidak memakai baju yang kasar di kulit dan menyebabkan iritasi. Maupun baju yang terbuat dari kain yang panas di kulit sehingga merasa gerah sepanjang memakainya. Lebih-lebih untuk para muslimah yang dipastikan memakai baju panjang.

Ini Dia 4 Jenis Bahan Pakaian yang Adem dan Cocok Dibuat Gamis

Jenis Bahan Adem untuk Baju Muslim

Penting sekali untuk memakai baju yang terbuat dari kain yang adem sehingga terasa dingin di kulit dan tidak membuat badan kepanasan. Berikut beberapa jenis bahan yang cocok untuk dibuat busana muslim:

  • Kain katun,

Katun merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas alami yang diambil dari pohon kapas kemudian dipintal menjadi benang. Proses pembuatan kain dari bahan alami ini sudah memakai mesin canggih dan menghasilkan kain katun dengan aneka warna maupun motif. Berhubung bahan utamanya adalah kapas alami maka kemampuan menyerap keringatnya paling baik dan menjadi kain yang tidak menyebabkan alergi. Sangat cocok dibuat gamis ataupun mukena.

Baca juga: 3 Jenis Kain уаng Sегіng Digunakan υntυk Bahan Pakaian

  • Kain wolfis,

Wolfis juga menjadi bahan pakaian yang paling sering dipilih untuk pembuatan gamis terutama yang modelnya syar’i. Kain jenis ini sering disebut sebagai kain Arab karena memang dipopulerkan oleh masyarakat Timur Tengah. Sifat kainnya jatuh dan lembut meskipun tebal akan terasa adem dan nyaman di kulit. Hanya saja jenis kain wolfish ini kemudian dibagi menjadi beberapa grade, paling adem dan berkualitas tentunya grade A hanya saja lumayan mahal.

  • Kain shantung,

Kain shantung memiliki nama lain kain rayon dan beberapa orang juga menyebutnya sebagai katun rayon. Awalnya kain jenis ini dipakai untuk pembuatan kain batik karena bahannya jatuh, lembut, dan adem ketika bersentuhan dengan kulit. Seiring bergulirnya waktu jenis kain ini kemudian dimodifikasi menjadi baju aneka model, salah satunya adalah gamis. Kebanyakan muslimah memilih gamis rumahan yang mempergunakan kain shantung ini karena memang adem. Harganya pun lebih terjangkau dibanding katun, hanya saja mudah robek.

  • Kain jet-black,

Kain terakhir yang juga terasa dingin atau adem di kulit adalah kain jet-black yang saat ini sudah umum digunakan untuk membuat gamis. Kain ini memiliki ciri khas warnanya polos, hanya memiliki warna hitam, tidak transparan, lembut dan adem di kulit. Berhubung hanya tersedia warna hitam maka cocok untuk para muslimah yang menyukai busana berwarna gelap. Harga kain yang bagus ini memang agak mahal namun dengan sifat yang dimilikinya maka banyak orang menyukai bahan pakaian satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *