Inilah 4 Jenis Pakaian Adat Indonesia yang Terkenal Unik

Jika membahas masalah pakaian adat maka semua negara tahu jika Indonesia adalah juaranya karena di negara kita ada sekitar 34 baju khas daerah. Setiap provinsi di Indonesia memiliki baju adatnya masing-masing sehingga dikenal paling kaya. Meskipun penggunaan baju adat saat ini lebih mudah dijumpai ketika melangsungkan upacara pernikahan. Namun masyarakat Indonesia patut bangga sebab baju adat tersebut mempresentasikan kebudayaan leluhur tanah kelahiran. Menariknya lagi beberapa baju adat ini sangat populer hingga mancanegara.

 Inilah 4 Jenis Pakaian Adat Indonesia yang Terkenal Unik

Baju Adat yang Terbilang Unik

Sebagian diantara baju adat di semua daerah Indonesia juga diketahui memiliki keunikan yang khas, berikut adalah beberapa diantaranya:

  • ¬†Baju adat Ulee Balang,

Baju adat pertama yang terbilang unik berasal dari Aceh namanya adalah Ulee Balang, yang memang tampil mewah. Baju adat ini dibuat dari rangkaian benang emas yang kemudian dipadukan dengan benang kain biasa untuk menghasilkan corak yang khas. Khusus untuk Ulee Balang yang dikenakan keluarga kerajaan maka akan ditambahkan aksesoris dari emas asli. Sedangkan untuk kalangan pemuka agama akan dibuat lebih sederhana, namun sampai saat ini Ulee Balang tetap dipakai untuk upacara adat.

  • Baju Aesan Gede,

Dari Sumatera Selatan juga terdapat pakaian adat yang terbilang unik bertajuk Aesan Gede yang tampil gemerlap. Pasalnya baju adat satu ini memang murni terbuat dari benang emas dan dibalut aksesoris dari emas murni. Terciptanya baju adat ini konon terinspirasi dari masa kejayaan kerajaan Sriwijaya sehingga mempergunakan kain songket warna merah dan emas. kemudian memakai campuran benang emas, wanita yang memakainya juga diberi hiasan sanggul dari emas asli.

  • Baju adat Paes Ageng,

Sesuai dengan namanya baju adat satu ini memang berasal dari Jawa tepatnya dari Yogyakarta yang dulunya dikenal sebagai baju Kebesaran. Pada masa dahulu Paes Ageng hanya boleh dikenakan oleh kerabat keraton saja. Kemudian ketika Hamengku Buwono IX memimpin keraton Yogyakarta maka baju adat ini boleh dipakai publik. Perkembangannya pun sangat pesat dan bahkan menjadi tren busana pernikahan pasangan yang resepsinya memakai adat Jawa. Ciri khas baju adat ini adalah dari hiasan kepala wanitanya yang berjumlah lima tangkai bunga.

Baca juga artikel menarik lainnya di palingmodis.com

  • Baju adat Perang,

Satu lagi baju adat unik yang dimiliki Indonesia yakni Perang yang berasal dari Kalimantan Barat. Sebenarnya desain baju adat ini berasal dari baju adat Suku Dayak di Kalimantan, yakni king baba untuk laki-laki dan king bibinge untuk para perempuan. Salah satu keunikan selain dari modelnya baju adat ini ternyata juga terbuat dari bahan yang tidak biasa. Yakni berasal dari serat kulit kayu ampuro yang diproses menjadi kain, pantas saja jika pakaian adat ini terbilang unik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *