Membedakan Kain Sutera Asli dengan Sintetis

Kain sutra adalah salah satu jenis kain yang paling diminati oleh kaum hawa. Harganya yang mahal juga sebanding dengan kenyamanan dan kemewahan yang bisa didapat dari kain ini. kain yang dijuluki ratunya tekstil ini memiliki karakteristik unik dan dianggap mempunyai serat paling bekualitas diantara tekstil yang lain dan dapat memberikan kesan mewah nan elegan saat dikenakan.

Membedakan Kain Sutera Asli dengan Sintetis

Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Yang paling umum digunakan adalah dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei yang diternak.  Terlebih dahulu kepompong tersebut melewati beberapa proses hingga menjadi jalinan benang dan kain.

Perlu diwaspadai, karena kain sutra berharga mahal sekarang ini mengundang minat orang untuk membuat tiruanya dengan harga pasti lebih murah. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui sutera asli dengan yang KW. Begini caranya:

  • Sutra asli akan terlihat lebih berserat dan menonjlkan alur-alur benangnya. Sedangkan yang sintetis akan terlihat lebih mengkilap dan lebih mulus. Permukaan kain sutera sintesi apabila diusap akan terasa tebal dan kasar.
  • Dilihat dari harganya, untuk kain sutra yang dibuat dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) mempunyai persedian cenderung terbatas dan harga relatif mahal lantaran proses pembuatanya yang cenderung rumit. Biasanya kain sutera asli jika mempunyai motif beberapa warna maka harganya akan semakin mahal, namun jika menemukan kain yang terlihat bagus dan mempunyai banyak motif tapi mempunyai harga yang murah itu perlu dicurigai bahwa itu adalah sutra sintetis.
  • Cara membedakan yang asli dengan yang KW selanjutnya yaitu dari segi warna. kain yang asli memiliki warna putih gading atau broken white sedangkan yang KW biasnya mempunyai warna yang sangat putih.
  • Untuk mengecek keaslian, selanjutnya bisa dengan membakarnya. Serat sutra asli jika dibakar kan mengeluarkan asap berwarna putih. Selain itu apai tidak akan menyebar tetapi akan langsung padam. Berbeda dengan serat sutera sintetis, ketika dibakar akan menyebar dan asap berwarna hitam.
  • Saat dipakai, si pemakai akan merasa nyaman dan bisa bebas bergerak. Namun jika si pemakai meras tidak nyaman saat memakai, bisa jadi yang dikenakan adalah serat sutra palsu.
  • Sutera asli akan terasa kesat dan sejuk jika diraba karena memiliki kemampuan menyerap yang baik sehingga akan terasa lebih dingin meski dugunakan daerah bersuhu panas. Untuk sutra sintetis  akan terasa licin dan panas ketika disentuh.
  • Terakhir, perbedaan selanjutnya yaitu serat sutra asli jika terkena sinar lampu akan mengkilap karena terkandung air liur ulat sutra, hal ini akan berbeda dengan serat sutra sintetis.

Baca juga artikel menarik lainnya di palingmodis.com

Demikianlah bebrapa tips untuk membantu anda membedakan mana kain sutera yang asli dengan kain sutra yang sintetis. Bagaimana sudah siap berburu kain sutra asli?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *