Tips Perawatan Baju Batik Modern

Baju batik modern merupakan bentuk  produk pakaian jadi yang berbahan batik modern. Sedangkan batik modern merupakan kain yang memiliki motif batik tanpa mengikuti aturan baku seperti saat proses pembuatan batik tradisional. Seiring perkembangan batik di Indonesia, semakin banyak dapat kita lihat model batik dipasaran. Sekarang ini, baju batik modern dapat kita pakai bukan hanya untuk acara resmi. Pada hampir seluruh acara kita dapat menggunakannya, bahkan tidak jarang remaja putri mengenakan baju batik untuk pergi berjalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Tips Perawatan Baju Batik Modern

Baca juga: Tips Membuat Sendiri Baju Batik Couple untuk Keluarga Tercinta

Seringnya penggunaan baju batik modern kesayangan kita akan menyebabkan baju batik akan kotor dan lusuh. Agar baju batik kita tetap awet dan memiliki warna yang indah seperti awal kita membeli baju batik ini. Anda perlu memperhatikan  beberapa hal untuk merawat baju batik ini, berikut ini beberapa cara dalam mencuci serta merawat baju batik anda.

  1. Gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang ada dipasaran. Jika sulit ditemukan, anda dapat mengantinya dengan sabun pencuci rambut. Larutkan sabun pencuci rambut menggunakan air hingga tidak ada bagian kental tersisa. Kemudian celupkan baju batik modern anda.
  2. Selain itu anda dapat menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilen yang telah direndam air hangat. Caranya sangat mudah, anda cukup meremas buah lerak atau daun dilem hingga mengeluarkan busa, lalu tambahkan air secukupnya. Aroma buah lerak mampu mencegah hewan kecil yang dapat merusak model baju batik.
  3. Saat proses pencucian hindari penggunaan mesin cuci, detergen, dan menggosok terlalu keras. Apabila baju batik tidak terlalu kotor maka pencucianna cukup dengan merendam menggunakan air hangat. Namun jika terdapat noda pada baju batik modern anda, gunakan sabun mandi atau kulit jeruk untuk mengusap bagian yang bernoda tadi.
  4. Apabila akan menjemur, baju batik tidak perlu diperas. Anda dapat menjemur baju batik ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Cukup dengan mengangin – anginkannya ditempat yang teduh.
  5. Sebaiknya jangan menyeterika secara langsung baju batik modern, cukup semprotkan sedikit air diatas baju batik lalu letakkan kain diatasnya baru dapat diseterika.
  6. Jika anda ingin menggunakan penyemprot pewangi pakaian, hindari penyemprotan secara langsung. Alangkah lebih baik, tutupi menggunakan kertas terlebih dahulu sebelum menyemprotkan cairan pewangi pakaian.
  7. Jika akan menyimpan baju batik modern anda dilemari, gunakan plastik untuk menutupi baju batik sebelum akan disimpan. Hal ini berfungsi untuk menghindari gigitan ngengat pada baju batik anda. Selain itu, anda bisa menggunakan sedikit merica yang telah dibungkus tisu di lemari penyimpanan baju batik. Jangan memberi kapur barus pada lemari penyimpanan. Hal ini dikarenakan, zat padat yang berbentuk kapur barus akan dapat merusak batik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *