Cara Memilih Baju dan Celana Olahraga yang Nyaman

Olahraga adalah kegiatan yang sangat sering disarankan oleh ahli nutrisi maupun dokter untuk menjaga kesehatan tubuh pasiennya. Tidak hanya itu, bagi orang yang rutin berolahraga, tidak berolahraga sekali saja mungkin membuat badan terasa pegal. Begitu banyaknya manfaat olahraga yang bisa dirasakan oleh tubuh antara lain lancarnya peredaran darah dan terjaganya metabolism tubuh. Namun untuk berolahraga tentu tidak sembarang pakaian dikenakan. Biasanya mereka akan memakai satu set pakaian yang terdiri dari baju dan celana olahraga.

Cara Memilih Baju dan Celana Olahraga yang Nyaman

Pakaian-pakaian tersebut, khususnya celana olahraga, tentunya juga mengikuti pilihan jenis sport yang diikuti, misalnya memilih yoga yang memerlukan celana stretch, senam yang perlu model celana fit, atau renang yang juga ada baju khususnya. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih kostum saat olahraga. Selain membuat aktivitas tidak nyaman, memilih pakaian yang salah membuat gerakan menjadi tidak maksimal.

Simak beberapa tips berikut untuk memilih baju dan celana olahraga yang nyaman :

  • Pilih Warna Favoritmu

Meskipun sebenarnya warna tidak berhubungan dengan aktivitas olahraga, namun jika memilih warna favorit untuk dikenakan, tentu akan menambah semangat dan rasa percaya diri serta nyaman selama mengenakan baju dan celana olahraga. Selain itu, pemilihan warna yang tepat juga dapat menyamarkan bentuk tubuh. Umumnya baju dan celana olahraga dibuat fit and stretch sehingga membalut tubuh dengan sempurna. Usahakan untuk wanita bertubuh gemuk, pilih saja warna gelap agar lipatan lemak tidak kentara. Warna gelap juga tidak harus hitam, coklat atau biru tua juga bisa menjadi pilihan. Bagi yang bertubuh ramping, warna apapun sejatinya tidak bermasalah.

  • Pilih Bahan yang Sesuai

Katun memang menjadi pilihan pertama sebagai bahan pakaian yang nyaman. Bahan katun mampu menyerap keringat hingga beberapa kali berat kain itu sendiri. Sayangnya kelemahan katun adalah sulit menguapkannya kembali secepat ia menyerap sehingga jika celana olahraga yang basah keringat digunakan, maka lambat laun akan terasa berat saat dipakai. Untuk itu, kombinasi yang pas untuk bahan pakaian olahraga adalah katun, polyester dan spandex. Selain dapat menunjang kinerja fisik penggunanya, kombinasi ketiga bahan tersebut telah terbukti lebih baik daripada pakaian yang berbahan katun saja.

  • Sesuaikan Model dengan Jenis Olahraganya

Model baju dan celana untuk olahraga seperti yoga, pilates, dan olahraga-olahraga yang mengedepankan ketenangan ada baiknya tertutup dan stretch. Hal ini akan memudahkan gerakan dan juga mengurangi rasa risih saat harus mengangkat dan membuka kaki lebar-lebar. Untuk olahraga seperti jogging, senam, atau olahraga yang memerlukan aktivitas fisik yang cepat, kamu bisa menggunakan celana pendek dan baju olahraga sleeveless untuk memudahkan gerakanmu.

Baca juga: Trik Pilih Celana Olahraga Wanita Sesuai Jenis Olahraganya

Demikianlah tips memilih baju dan celana olahraga yang nyaman dan pas digunakan. Terlepas dari apapun modelnya, pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dirimu sendiri saat memakainya. Selamat mencoba dan selamat berolahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *