Memiliki Pakaian Berbahan Kain Sutera? Jangan Lupa Merawatnya dengan Cara Pintar Ini!

Sekarang ini para wanita kerap mementingkan penampilan luar mereka agar memberikan rasa percaya diri ketika sedang berpergian keluar atau pun menarik lawan jenis yang ada. Untuk membuat penampilan mereka semakin cantik, pastinya mereka menggunakan berbagai macam dan jenis tata rias, menata rambut sedemikian rupa, serta menggunakan pakaian yang paling bagus yang mereka miliki. Karena itu, tidak jarang sekarang ini kaum wanita yang begitu mementingkan untuk berbelanja pakaian serta memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut. Salah satu jenis bahan yang paling sering dicari dan dianggap sangat elegan serta mewah adalah kain sutera. Bukan rahasia lagi jika pakaian yang dibuat menggunakan kain yang satu ini dijual dengan harga yang mahal. Pastinya hal inilah yang membuat rasa percaya diri mereka semakin meningkat. Namun berbeda cerita ketika Anda sudah selesai menggunakannya, pastinya harus dirawat, dicuci dan juga diperlakukan dengan baik dan benar agar selalu dalam keadaan yang baik. Berikut inilah cara merawat yang benar:

Memiliki Pakaian Berbahan Kain Sutera? Jangan Lupa Merawatnya dengan Cara Pintar Ini!

  • Mencuci

Untuk mencuci pakaian yang terbuat dari kain tersebut, ada baiknya jika dicuci dengan cara manual atau menggunakan tangan saja agar pakaian tersebut tidak cepat rusak. Jika menggunakan mesin cuci, maka hal ini akan merusak seratnya dan akan membuatnya menjadi terlihat kusut. Selain itu, jangan gunakan deterjen, melainkan menggunakan shampoo. Hal ini dikarenakan shampoo memiliki kandungan yang tidak keras dan juga tidak mengandung minyak serta petroleum yang dapat membuat permukaannya menjadi lengket.

  • Membilas

Ketika akan membilas, pastikan untuk tidak memeras pakaian yang terbuat dari kain sutera tersebut karena dapat merusak seratnya dan membuatnya menjadi terlihat kusut. Untuk mengurangi kadar air yang ada di dalam pakaian tersebut, pastikan untuk menggunakan handuk bersih dan menggulung pakaian tersebut di dalamnya. Bisa juga dengan membilasnya menggunakan air hangat agar pakaian atau kain tersebut bisa lebih bersinar.

  • Menjemur

Untuk mengeringkan pakaian, tentu saja Anda harus menjemur pakaian tersebut hingga benar-benar kering, sampai tidak ada setetes air yang ada pada pakaian tersebut. Biasanya, pakaian dijemur dengan langsung terkena sinar matahari. Namun, berbeda dengan yang terbuat dari sutera, untuk membuatnya tetap awet dan cantik, Anda harus menjemurnya dengan mengangin-anginkannya saja hingga kering. Hal ini pastinya tidak akan merusak kualitas dari pakaian tersebut.

Baca juga Kenali Ciri-ciri Kain Sutera Asli dan Cara Membatik Sutera Berikut Ini!

  • Menyimpan

Setelah kering dan memastikan jika pakaian tersebut tidak lembab, maka Anda sudah bisa menyimpannya. Simpanlah pakaian yang menggunakan kain sutera sebagai bahan pembuatnya dengan cara digantung. Akan lebih baik lagi jika ketika disimpan, Anda lapiskan atau bungkus pakaian tersebut dengan menggunakan kain katun. Namun, jangan membungkusnya dengan plastik karena hal ini dapat menimbulkan tumbuhnya jamur pada pakaian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *