Ini Dia Cara Memilih Gamis Syar’i yang Tepat untuk Para Pemula

Ada banyak sekali muslimah yang masih dalam tahap belajar untuk mengenakan pakaian syar’i. Baik untuk dipakai saat menjalani aktifitas harian maupun menghadiri beberapa acara penting memilih jenis gamis syar’i yang cocok adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena selain faktor kenyamanan, memilih pakaian yang sesuai syariat agama muslim juga harus menjadi patokan utama saat memilih pakaian. Umumnya para muslimah remaja yang sedang dalam masa peralihan mengenakan gamis dengan model biasa ke model syar’i terkadang merasa tidak rapi dan kurang percaya diri. Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan memilih jenis pakaian syar’i yang tepat.

Ini Dia Cara Memilih Gamis Syar’i yang Tepat untuk Para Pemula

Selain sebagai pelindung tubuh dari hal-hal yang tidak diinginkan, memilih pakaian yang tepat juga akan membuat pemakainya merasa nyaman meskipun akan mengenakannya dalam satu hari penuh. Oleh karena itu, dalam memilih pakaian syar’i tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Untuk Anda para muslimah yang sedang dalam tahap belajar atau pemula, berikut ini akan kita bahas bagaimana cara memilih pakaian syar’i yang bagus, nyaman namun tetap sesuai dengan syariat islam, antara lain:

  • Memilih jenis bahan yang berkualitas.

Usahakan untuk memilih jenis bahan yang berkualitas untuk gamis syar’i yang akan Anda kenakan. Bahan yang dimaksud adalah dapat menyerap keringat dan dapat membuat pori-pori kulit tetap dapat mengatur suhu dengan baik. Hal ini merupakan poin pertama yang sangat penting dan perlu Anda perhatikan saat akan memilih pakaian.

  • Memilih satu set pakaian dengan jenis bahan yang sama.

Tips memilih jenis pakaian syar’i untuk para pemula selanjutnya adalah dengan memilih satu set pakaian dengan jenis kain yang sama. Meskipun Anda ingin memadukan warna pakaian, namun usahakan supaya bahan kain pembuatnya adalah jenis kain yang sama untuk tetap menjaga kenyamanan Anda saat mengenakan pakaian tersebut.

  • Memilih cadar dengan model bandana.

Pilihlah jenis cadar bandana karena lebih rapi saat Anda kenakan daripada jenis cadar tali.

  • Memilih gamis yang lebar dan longgar.

Pilihlah jenis gamis yang lebar dan longgar supaya tidak akan membatasi gerak Anda saat beraktivitas. Selain itu, pakaian yang longgar dan lebar juga tidak akan menampakkan lekukan tubuh Anda.

  • Hindari jenis kain yang terlalu tebal maupun kain transparan.

Memilih kain yang terlalu tebal juga tidak akan nyaman saat Anda gunakan jika masih dalam tahap belajar. Usahakan untuk memilih jenis kain yang tepat yaitu ringan saat dikenakan dan tidak transparan saat dilihat.

Baca juga Tipe Baju Gamis yang Pas untuk Hijabers Muda

Itulah beberapa tips memilih gamis syar’i yang tepat untuk para pemula. Dalam hal berpakaian, sebagai seorang muslimah yang baik Anda harus bisa dijadikan panutan atau contoh untuk para generasi di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *