Tips Membuat Sendiri Baju Batik Couple untuk Keluarga Tercinta

Tips membuat sendiri baju batik couple untuk keluarga tercinta. Pada dasarnya batik memang bukan tergolong sebagai item fashion baru lagi bagi masyarakat Indonesia, melainkan sudah masuk sebagai satu kebutuhan yang sangat penting. Karena memang menjadi identitas atau budaya bangsa, beberapa macam acara pastinya juga mengharuskan Anda untuk mengenakan busana yang satu ini bukan, misalnya untuk pernikahan. Biasanya pakaian pasti akan dilengkapi dengan aksen batik tersebut, tampilan tradisional yang memang sangat disukai oleh masyarakat dalam negeri. Berbicara mengenai keluaran terbarunya saat ini juga sangat bervariasi, salah satu yang bisa Anda jumpai adalah batik couple.

Pastinya tak asing lagi dengan busana couple ini, istilah lainnya adalah pakaian seragam, dimana biasanya akan digunakan untuk pasangan atau bahkan satu keluarga untuk acara-acara penting tertentu. Lalu bagaimana dengan harga? Karena memang busana yang satu ini tidak dijual satu persatu, melainkan memang langsung satu set, maka dari segi harganya sendiri tak bisa dikatakan murah. Harganya sudah pasti sedikit lebih mahal.

Dengan alasan itulah maka beberapa orang lebih senang membuat baju batik couple tersebut sendiri dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi, khusus untuk Anda yang memang ingin membuat sendiri, maka berikut ini ada beberapa panduannya, sehingga mendapatkan hasil yang tepat, yaitu:

1. Cari inspirasi modelnya.

Pilah-pilih terlebih dahulu inspirasi dari modelnya, jika berbicara mengenai pilihan model maka ada banyak sekali, Anda bisa lihat-lihat dari gambar model baju batik couple, seragam atau pasangan ini, lebih banyak inspirasi maka akan membuat Anda lebih mudah dalam memilih model mana yang cocok untuk dipakai keluarga, begitu juga dengan pilihan warna yang paling tepat untuk dikenakan.

2. Cari penjahit yang ahli.

Pemilihan jasa jahit ini juga tak boleh sembarangan, karena di tangan merekalah nantinya Anda bisa mendapatkan busana batik yang sesuai dengan keinginan ataukah tidak, mengingat keahlian beberapa penjahit juga sangat terbatas. Ada yang bisa membuat pakaian dalam berbagai macam gaya, namun juga ada yang tidak, untuk itu sebelumnya pertimbangkan rekomendasi dari sahabat atau keluarga yang pernah memakai jasa tersebut.

3. Harga.

Pertimbangkan tawaran harga atau biaya jasa tersebut, setiap penjahit umumnya akan mematok harga atau biaya yang berbeda-beda untuk jasa mereka, ada yang mahal, namun tak jarang pula yang tergolong murah. Biaya ini akan sangat mempengaruhi pengeluaran, sehingga jangan asal dalam memilih, jika memang pengeluaran Anda sangat mahal, bahkan melebihi busana batik yang sudah jadi, alangkah baiknya beli yang sudah jadi saja.

4. Pilah-pilih bahan.

Akan jauh lebih aman setelah datang ke tempat penjahit tersebut, maka selanjutnya Anda beli bahan sendiri, dengan membeli bahan sendiri paling tidak tau model seperti apa yang cocok dipakai atau dikreasikan nantinya, begitu juga pilihan warna, namun sebelumnya harus dilakukan fitting atau pengukuran terlebih dahulu, biasanya jasa tersebut akan merekomendasikan pembelian jumlah kain yang tepat untuk dipakai membuat nantinya, sehingga tidak kurang maupun terlalu berlebihan sesuai dengan model yang sudah ditunjuk. Hendaknya hanya pilih bahan yang berkualitas, bahan yang nyaman dipakai dan pastinya mudah untuk dicuci atau mudah perawatannya.

Tinggal menunggu selama jangka waktu yang sudah dijanjikan sampai pakaian tersebut bisa digunakan. Sedangkan bagi Anda yang ingin lebih cepat dan juga praktis, lebih baik beli batik couple ini langsung jadi saja, mengingat ada banyak yang menjualnya di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *