Tips Merawat dan Menyimpan Kemeja Batik dengan Benar dan Tepat

Sebagai warisan budaya, batik kini menjadi pilihan bagi banyak jenis pakaian terutama untuk keperluan formal. Kain batik menjadi ciri khas budaya Indonesia hingga ke kancah internasional. Karenanya kebanggaan memiliki kain batik dan kain tradisional lainnya perlu ditingkatkan dengan cara mulai memperkenalkan kain batik sejak dini serta menjaga agar penggunaan kain tradisional tidak punah. Saat ini batik paling banyak digunakan sebagai bahan membuat kemeja formal untuk keperluan upacara, resepsi hingga keperluan penting lainnya. Kemeja batik bisa memberikan penggunanya penampilan yang lebih sopan dan rapi sehingga menjadikannya lebih dihormati orang lain serta menghormati orang lain.

Tips Merawat dan Menyimpan Kemeja Batik dengan Benar dan Tepat

Ada beberapa jenis cara pembuatan kain batik yang membedakannya, diantaranya adalah kain batik tulis. Kain batik tulis dibuat dengan cara yang sangat tradisional yaitu secara manual menggunakan malam dan carik. Kain batik tulis yang digunakan untuk membuat kemeja atau pakaian lainnya akan membuat harga dari pakaian tersebut lebih mahal dibandingkan kain batik cap ataupun pabrikan yang hanya meniru motif batiknya saja. Jika Anda memiliki kemeja dengan jenis batik tulis, maka Anda perlu merawat dan menyimpannya dengan lebih berhati-hati agar kemeja tidak mudah rusak atau pudar.

Bagi Anda yang memiliki koleksi kemeja dari bahan batik tulis apalagi dengan motif yang sudah langka dibuat, pastinya akan sayang jika kemeja batik Anda menjadi pudar atau rusak karena perawatan dan penyimpanan yang salah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika akan mencuci ataupun menyimpan pakaian dengan bahan batik tulis agar pakaian menjadi lebih tahan lama:

  • Gunakan shampoo rambut.

Untuk mencuci pakaian batik tulis yang sebenarnya tidak terlalu kotor, Anda bisa menggunakan shampoo rambut. Caranya adalah dengan melarutkan terlebih dahulu shampoo pada air kemudian baru merendam pakaian batik selama 15 menit lalu membilasnya hingga bersih.

  • Untuk batik yang kotor.

Jika batik tulis Anda kotor, bersihkan dengan jeruk nipis atau sabun mandi. Jangan menggunakan detergen ataupun mencuci pakaian dari batik tulis menggunakan sabun detergen. Anda bisa menggunakan air hangat untuk membantu jeruk nipis dan sabun mandi melarutkan kotoran. Tak perlu di gosok karena akan merusak serat kain.

  • Menjemur.

Jangan menjemur batik tulis dibawah sinar matahari langsung karena akan merusak warna dan membuat warna cepat pudar.

Baca juga Cara Membuat Penampilan Anda Lebih Elegan dengan Kemeja Batik

Selain melakukan perawatan dalam hal mencucinya, kemeja batik tulis juga perlu dijaga cara penyimpanannya. Untuk menyimpan batik, Anda jangan menyetrikanya secara langsung. Cara yang benar adalah dengan menaruh kain lain di atas kain batik kemudian menyetrikanya. Jangan menaruh kapur barus di lemari yang berisi kain batik, untuk mengusir ngengat, bekali lemari Anda dengan bungkusan merica bubuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *