Cara Membersihkan Jaket Hoodie yang Terkena Noda Membandel

Jaket merupakan pakaian luar yang biasa digunakan untuk melindungi tubuh atau pakaian dalam dari kotoran yang bisa melekat di jalanan. Karenanya nya, jaket lebih sering kotor dibandingkan pakaian yang dikenakan sebelum jaket tersebut. Jaket hoodie merupakan jenis jaket yang sering digunakan oleh remaja hingga dewasa dengan ciri khas terdapat penutup kepala dan tidak memiliki kancing sehingga penggunaannya mirip dengan kaos yang langsung dimasukkan dari atas. Jenis jaket ini umum dipakai untuk penggunaan luar ruangan yang kerap bersinggungan dengan debu, apalagi jenisnya yang mirip dengan pakaian olahraga.

Cara Membersihkan Jaket Hoodie yang Terkena Noda Membandel

Untuk penggunaan berolahraga atau aktifitas fisik yang memungkinkan jaket menyentuh tanah atau kotoran, akan membuat jaket Anda cepat kotor sehingga perlu segera dibersihkan. Jaket yang memiliki bahan tebal, akan membuatnya membutuhkan penanganan ekstra untuk membersihkannya dibandingkan dengan membersihkan kaos. Karena tebal, jaket ini jika basah juga akan semakin berat sehingga terkadang menyulitkan saat akan menjemurnya. Bagi Anda yang memiliki banyak koleksi jaket termasuk jenis hoodie, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan jaket saat terkena kotoran:

  • Jangan ditunda.

Jika Anda mengetahui bahwa jaket terkena kotoran, maka jangan menunda untuk langsung mencucinya. Segera lepaskan jaket Anda di rumah dan rendam menggunakan air detergen atau air hangat untuk jenis noda membandel.

  • Rendam terlebih dahulu.

Untuk mempermudah kotoran terangkat tanpa Anda perlu repot-repot mengucek atau menggosoknya, rendamlah jaket hoodie terlebih dahulu dengan air larutan detergen atau air hangat dengan detergent. Rendam selama 15 menit dengan posisi jaket terendam air seluruhnya.

  • Cara mencuci.

Jika Anda mencuci menggunakan tangan, setelah direndam dan masih ada sisa kotoran, Anda bisa menguceknya perlahan tanpa menggosok menggunakan sikat. Jika jaket di gosok dengan sikat akan mengakibatkan serat kain tertarik dan jaket menjadi rusak. Jika Anda mencuci dengan mesin cuci, gunakan kecepatan sedang sehingga putaran mesin tidak terlalu menarik serat kain jaket sehingga jaket tidak menjadi longgar.

  • Cara menjemur.

Jemur jaket di bawah terik matahari langsung namun dengan cara membalik kain sehingga bagian atas kain berada di dalam. Hal ini akan mencegah warna jaket menjadi cepat pudar. Jangan lupa ketika akan mengangkat jaket dari jemuran, Anda kibaskan terlebih dahulu agar debu hilang kemudian menyetrikanya.

Baca juga Koleksi Jaket Hoodie untuk Pilihan Baju Hangat yang Nyaman 

Beberapa tips cara membersihkan jaket hoodie tersebut di atas bisa Anda praktekkan untuk menjaga kebersihan jaket koleksi Anda. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk jenis jaket lainnya misalnya jaket berbahan wool ataupun jaket tebal lain. Pastikan jaket sudah dalam keadaan kering ketika Anda mengambilnya dari jemuran agar tidak tumbuh jamur ataupun menjadi apek karena lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *