Syarat dan Model Sebuah Gamis Syar’i

Trend busana muslim sekarang ini berkembang dengan pesat seiring dengan semakin banyaknya wanita yang menggunakan pakaian muslimah untuk kesehariannya. Tak bisa dipungkiri hal ini bukan hanya terjadi karena keinginan saja namun karena banyaknya designer yang mulai membuat busana muslim menjadi busana yang lebih modern dan trendy. Kini Anda tak akan lagi memiliki pemikiran bahwa menggunakan busana muslim akan menjadikan penampilan menjadi kuno atau kampungan. Banyak model busana muslimah diciptakan dan diterima dengan baik oleh masyarakat termasuk gamis. Gamis merupakan busana langsungan ataupun2 pieces yang serba panjang dan langsung memiliki kerudung sebagai paduannya. Meski begitu pada perkembangannya, terdapat 2 jenis gamis yaitu gamis biasa dan gamis syar’i yang lebih direkomendasikan.

Syarat dan Model Sebuah Gamis Syar’i

Baju gamis merupakan baju yang disadur dari penggunaan busana oleh negara timur tengah dimana semua wanita menggunakan busana panjang dan berkerudung seperti yang diajarkan oleh agama. Namun pada perkembangannya, oleh para designer di seluruh dunia, diciptakan baju gamis modern agar penggunaannya lebih disukai oleh semua masyarakat. Meski begitu gamis jenis tertentu justru menghilangkan syarat yang harus dipenuhi oleh busana untuk wanita muslimah sehingga bagi Anda yang ingin menggunakan busana syar’i harus memilah gamis mana yang sesuai sebagai gamis syar’i dan mana yang bukan.

Untuk disebut sebagai busana muslim yang benar bagi para wanita, sebuah busana haruslah memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Tertutup atau menutup aurat wanita yaitu dari rambut hingga ujung kaki kecuali muka dan telapak tangan.
  2. Tidak menampakkan lekuk tubuh.
  3. Tidak dibuat dari bahan transparan sehingga memperlihatkan warna kulit atau rambut.
  4. Memenuhi syarat panjang untuk bagian tertentu.

Dari beberapa syarat di atas, syarat kedualah yang sering kali disepelekan dalam pembuatan baju gamis modern.

Saat ini banyak baju gamis terusan dengan model long dress dimana pada bagian pinggang justru diberi ikat pinggang. Meski lebih tampak modis dan trendy namun tentu saja penggunaan ikat pinggang ini akan memperlihatkan lekuk pinggang dan tubuh bagian bawahnya. Selain itu ada juga gamis yang memberikan paduan kerudung dengan bentuk lipatan di bagian leher yang juga memperlihatkan lekuk leher tubuh.

 

Baca Juga Tips Memilih Gamis Syar’i yang Cocok untuk Wanita Bertubuh Gendut

Bila Anda ingin mengoleksi busana muslim yang betul-betul sesuai dengan aturan agama, sebaiknya hanya memilih jenis gamis syar’i saja yaitu gamis terusan atau 2 pieces yang longgar dan menggunakan hijab panjang hingga menutup dada. Jika Anda memilih gamis 2 pieces, bagian atasan gamis haruslah panjang hingga menyentuh betis begitu juga dengan bagian lengan yang mencapai pergelangan tangan dan memiliki bagian pengunci atau perekat agar lengan tidak turun ke bawah jika Anda mengangkat tangan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *