Apa Saja Syarat Sebuah Hijab Dikatakan Sebagai Hijab Syar’i? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Banyaknya wanita muslimah yang sekarang ini menggunakan hijab dalam kehidupan sehari-hari tak lepas dari berkembangnya trend mode busana hijab yang berkembang di Indonesia. Selain memang karena kesadaran diri wanita muslimah untuk memenuhi ajaran agama, trend hijab yang ada sangat memberikan dorongan untuk semakin banyak wanita yang berhijrah. Banyaknya model hijab yang diciptakan dan dipakai di Indonesia sangat beragam sesuai dengan keunikan para designernya. Sayangnya meski sudah disebut hijab namun belum tentu hijab yang diciptakan adalah sebuah hijab syar’i yang sesuai dengan aturan agama Islam.

Apa Saja Syarat Sebuah Hijab Dikatakan Sebagai Hijab Syar’i? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Kerudung yang menutupi kepala dan pakaian serba panjang yang menutup seluruh tubuh wanita ternyata belum cukup untuk membuat sebuah hijab dan pakaian disebut sebagai pakaian syar’i. Karenanya belum tentu juga seorang wanita muslimah yang menggunakan hijab dan berpakaian tertutup telah memenuhi perintah agama untuk syariat berpakaian yang benar. Ada beberapa syarat yang sebelumnya harus diketahui tentang bagaimana cara berpakaian menurut Islam terutama untuk para wanita dewasa. Berikut ini adalah persyaratan tersebut yang pada penggunaan pakaian sehari-hari harus dipenuhi oleh wanita:

  • Menutup aurat.

Aurat wanita adalah dari ujung rambut, kepala hingga ujung kaki kecuali muka dan telapak tangan. Meski banyak yang sudah menggunakan pakaian tertutup dan panjang namun masih ada juga yang kurang sempurna misalnya menggunakan rok atau celana longgar dimana kakinya masih terlihat karena menggunakan sandal. Jika Anda masih sering melakukannya, biasakan dengan menambahkan kaos kaki sehingga bagian kaki menjadi tertutup atau bisa juga dengan menggunakan sepatu.

  • Tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Selain tertutup pakaian wanita juga harus longgar sehingga tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Syarat inilah yang seringkali disepelekan oleh para designer busana muslim maupun wanita muslimah yang menggunakannya. Masih banyak hijab yang dibuat dengan model dililitkan pada leher yang justru memperlihatkan lekuk tubuh bagian atas. Hijab syar’i haruslah menjuntai hingga menutupi dada baik bagian depan maupun belakangnya. Selain itu bentuk atasan juga harus longgar dan panjang hingga menutup betis dengan bawahan yang juga longgar.

  • Tidak transparan.

Akan percuma sebuah pakaian yang longgar dan tertutup jika menggunakan bahan transparan di beberapa bagiannya. Penggunaan bahan transparan misalnya untuk pakaian pesta sebaiknya dihindari atau ditutupi kembali menggunakan kain tambahan.

Baca Juga Tips Tetap Tampil Modern dengan Hijab Syar’i

Sudahkah hijab yang Anda gunakan sesuai dengan syarat-syarat hijab syar’i? Jika belum, tidak terlambat untuk mengganti model hijab karena sekarang ini model hijab yang sesuai syariat juga sudah banyak diproduksi dengan lebih modern dan berwarna. Anda bisa melihat trend busana para public figure misalnya Oky Setayan Dewi yang tetap bisa tampil cantik dengan menggunakan hijab dan busana syar’i.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *