Tampil Elegan dengan Berbagai Motif Kemeja Batik Tulis

Dari dulu, batik memang selalu menjadi pilihan utama untuk melengkapi kebutuhan busana bernuansa formal. Hingga saat ini, motif batik pun beraneka ragam dan semakin lama semakin melejit menjadi sebuah trend fashion yang sangat kekinian. Bukan hanya untuk kemeja batik, sekarang ini banyak batik couple yang bertebaran. Banyak cara pembuatan batik yang bisa dilakukan, salah satunya dengan cara tulis. Kesan mewah akan Anda peroleh saat mengenakan batik tulis. Namun, agar keindahan batik tulis tetap terjaga, Anda harus bisa merawatnya dengan baik. berikut beberapa tips untuk merawat batik jenis tulis.

 

Pertama, mencuci menggunakan tangan. Memang, mencuci menggunakan tangan akan sangat praktis. Anda dapat menghemat banyak tenaga dan waktu. Sayangnya, banyak bahan pakaian yang lebih baik tidak dicuci dengan menggunakan mesin agar awet. Termasuk batik ini. lantas, bagaimana cara mencucinya agar tetap bersih? Anda bisa mencuci secara manual dengan menggunakan tangan dan tanpa disikat. Selain itu sabun cucinya juga tidak boleh sembarangan. Anda bisa menggunakan sabun bayi atau sampo. Untuk mencuci batik tulis, siapkan ember yang terisi air, larutkan sabun dan masukkan baju dalam ember tanpa di peras atau pun di sikat.

Baca juga: Variasi Desain dan Model Baju Batik Modern untuk Wanita

 Kedua, jangan menjemur kemeja batik tulis Anda di bawah sinar matahari langsung. setelah baju selesai di cuci, dan siap untuk di keringkan, lebih baik Anda mencari tempat pengeringan yang jauh dari paparan sinar matahari. batik tulis sebenarnya hanya perlu diangin-anginkan saja hingga kering tanpa perlu di peras atau mengeringkan di mesin pengering. Cukup ayunkan saja selama beberapa kali dan jemur di tempat yang tidak terik. Langkah tersebut penting untuk diperhatikan karena bila langsung terkena sinar matahari, warna batik akan menjadi luntur.

 

Ketiga, simpan di tempat yang gelap. Apakah Anda sering menyetrika baju? Bila demikian, sepertinya untuk batik yang satu ini harus Anda istimewakan. Baju ini lebih baik tidak disetrika, karena tanpa kita sadari panas setrika akan merusak tekstur baju serta warna batik. jika terpaksa harus disetrika, Anda bisa melapisi bagian atas dengan menggunakan kain. Cara ini dilakukan agar baju tidak langsung terkena panas setrika. Anda juga bisa menggunakan setrika uap dan atur uapnya agar tidak terlalu panas.

 

Kemeja batik tulis memiliki berbagai macam motif, berikut beberapa motifnya, antara lain:

 

  • Batik keraton. Batik keraton menjadi pionir semua batik yang berada di Indonesia. motifnya bukan hanya indah namun memiliki makna yang filosofis. Dulu batik ini tidak digunakan oleh sembarang orang,

  • Motif batik cuwiri. Orang Jawa biasanya mengenal batik dengan motif cuwiri ini adalah batik yang digunakan saat memperingati 7 bulanan anak bayi,

  • Motif batik pringgodani. Baju batik dengan motif ini lebih sering memiliki warna yang gelap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *