Perkembangan Mode dan Fashion Hijab di Amerika

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan mode dan fashion hijab di Amerika semakin pesat, meskipun Amerika bukanlah negara dengan penduduk mayoritas muslim layaknya Indonesia karena penduduk Amerika sendiri mayoritas adalah non muslim. Akan tetapi trend mode-mode hijab pun berkembang hingga Amerika

Hal ini bisa dilihat dengan hadirnya busana muslim di panggung Couture Fashion Week, New York, Amerika untuk pertama kalinya. Busana muslim yang dipamerkan di ajang ini adalah karya tiga desainer muda berbakat Indonesia yakni, Dian Pelangi, Barli Asmara, dan Zaskia Sungkar yang sukses memamerkan busana muslim yang dipadukan dengan material kain tradisional asli Indonesia. Tentunya kiprah tiga desainer muda ini selain bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia, juga bisa memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan fashion muslim di Amerika.

Shamsi Ali, seorang ulama populer asal Indonesia yang bertempat di Amerika mengungkapkan jika kedatangan Zaski Sungkar, Dian Pelangi, dan Barli Asmara untuk mempopulerkan fashion muslim Indonesia serta memperkenalkan kain tradisional Indonesia ke dunia menjadi salah satu langkah pembuka yang penting karena bisa membrikan pengaruh terhadap fashion hijab di Amerika. Visi utama yang harus diingat apabila ingin mengembangkan fashion muslim di negara-negara barat seperti Amerika , maka harus merumuskan trend fashion yang tertutup serta jauh dari kesan sexy, kemudian busana tersebut harus tetap bisa terlihat trendy, dan itu semua akan bisa didapatkan dalam penggunaan busana muslim.

Shamsi Ali juga mengungkapkan jika perubahan dan perkembangan fashion muslim di Amerika sudah mulai bisa dirasakan, khususnya di kalangan anak muda Amerika. Bahkan, wanita muslim yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar juga sudah mengenakan pakaian muslim untuk beraktifitas. Hal ini tentunya suatu perkembangan yang layak diapresiasi.

Saat ini, fashion muslim di Amerika sedang ada dalam masa transisi, dari tradisional, ke modern. Sehingga kehadiran desainer yang memiliki karya-karya busana muslim yang dinamis dan trendi tentunya menjadi dorongan agara fashion muslim semakin berkembang lebih modern tanpa menghilangkan aturan-aturan dalam agama Islam.

Adanya desainer-desainer muslim yang mulai merambah kancah dunia tentunya menjadi kabar gembira dan angin segar bagi perkembangan mode dan fashion muslim. Apalagi yang lebih membanggakan, desainer-desainer tersebut berasal dari Indonesia, sehingga bisa menjadikan Indonesia sebagai pusat dan role model fashion muslim dunia.

Perkembangan mode dan fashion muslim yang semakin dinamis ini tentunya harus diimbangi juga peran pemerintah yang diharapkan bisa memfasilitasi para desainer muda untuk lebih berkembang, seperti dari sisi permodalan, maupun pemasarannya, sehingga desain-desain fashion muslim yang berasal dari Indonesia tak hanya dikenal di wilayah Indonesia saja, namun juga bisa dikenal hingga kancah dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *