Ragam Pekerjaan di Dunia Fashion

Pekerjaan di dunia fashion ternyata tidak hanya berkisar pada mendesain baju saja. Akan tetapi banyak pekerjaan lain yang bisa dicoba di bidang ini. Fashion memang tak hanya tentang pakaian saja, namun aksesoris juga masuk dalam ranah fashion. Berikut ini adalah ragam pekerjaan di bidang fashion yang bisa dipilih:

  1. Handbag Designer

Handbag designer bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan, kita bisa mendesain clutches, satchels, serta shoulder bags. Karya desain hand bag ini bisa menjadi pelengkap penampilan, karena handbag bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang penting seperti make up dan HP.

  1. Footwear Designer

Ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa ‘Good shoes lead you to good places’. Oleh sebab itu banyak orang yang mempercayai pentingnya menggunakan sepatu terbaik. Oleh sebab itu, pekerjaan sebagai footwear designer sangatlah penting, karena bisa menjadi membuat orang lain merasakan pengalaman perjalanan yang indah dan menyenangkan menggunakan sepatu yang didesain.

  1. Leather Goods Designer

Bagi yang mendalami pekerjaan di bidang ini akan mendapatkan kesempatan untuk mendesain beragam jenis produk, hal ini karena bahan kulit tak hanya bisa dibuat baju serta sepatu, akan tetapi juga bisa dibuat aksesoris fashion lainnya seperti dompet, gantungan kunci serta case ponsel.

  1. Lead Patternmaker

Semua desain tentunya harus dibuatkan pola atau pattern terlebih dahulu sebelum diproduksi. Itulah tugas dari lead patternmaker. Pekerjaan ini butuh koordinasi yang interns antara lead patternmaker dengan desainer agar template ukuran bisa tepat sehingga desain bisa diproduksi secara massal dengan ukuran dan pola yang tepat.

  1. Trend Analiyst

Suka mengolah data atau meriset sesuatu? Pekerjaan sebagai trend analyst ini sangatlah cocok karena tugas dari tren analyst ini adalah memberitahu desainer dan produsen mengenai tren fashion yang akan hits di musim selanjutnya. Hasil analisis ini biasanya diperoleh dari berbagai acam hal, dari riset pop culture hingga riset kebiasaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

  1. Product Researcher

Ketika sebuah produk fashon didesain, maka perusahaan tentunya menginginkan produk yang dibuatnya sesuai dengan keinginan konsumen, dan ini adalah tugas dari product researcher yang memiliki tugas untuk mensurvei konsumen yang potensial kemudian memprediksi reaksi mereka jika dihadapkan pada style serta harga yang berbeda.

  1. Product Merchandiser

Bagi yang tertarik dengan dunia bisnis, maka pekerjaan sebagai product merchandiser sangatlah cocok. Yaitu dengan mengatur display produk di toko-toko, atau melakukan campaign produk yang dijual ke pasaran.

  1. Color and Materials Specialist

Pintar memilih barang yang bagus dan berkualitas? Maka pekerjaan sebagai color and materials specialist akan cocok. Warna dan material sangatlah penting untuk menarik konsumen di dunia fashion.

Beragam pekerjaan di dunia fashion ini tentunya bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berkecimpung di bidang fashion tanpa harus menjadi designer pakaian. Pekerjaan-pekerjaan ini pun penting di bidang fashion dan tetap menuntut kreatifitas serta keseriusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *