Perkembangan Mode dari Masa ke Masa

Mode dan fashion dunia selalu mengalami perubahan dari masa ke masa, yang dipengaruhi dari tren, hingga kondisi politik dan sosial dunia, dan berikut ini adalah perkembangan mode dunia dari masa ke masa:

Baca juga: Perkembangan Mode Wanita

  1. Mode Tahun 1920-an

Tahun 1920-an dikenal dengan gaya victorian style dimana tren mode terlihat repot dan sesak. Pada masa itu, para wanita tidak bebas bergerak karena menggunakan korset dan gaun yang berlapis-lapis. Gaun serta rok pada tahun 1920-an memiliki panjang selutut atau sebetis dengan bentuk gaun yang lurus dan tidak mengikuti lekuk dan bentuk tubuh. Pada tahun 1920-an juga dikenal dengan tren low-waisted yang mana jahitan rok ada di bagian bawah pinggung atau pinggang.  

  1. Mode Tahun 1930-an

Pada era ini, mode dress yang menjadi tren adalah lebih menonjolkan lekuk tubuh wanita, pada masa ini didominasi dengan pinggang ketat, serta penekanan pada bagian lengan baju dan pundak.

  1. Mode Tahun 1940-an

Pada tahun 1940-an merupakan era perang dunia dimana Perancis jatuh ke tangan Jerman, kejatuhan Perancis ini ternyata berimbas pada perkembangan mode dunia. Pada era ini muncul gaya busana yang simpel, seperti hanya menggunakan kemeja, denim, serta scarf.

  1. Mode Tahun 1950-an

Di tahun 1950-an, Tren fashion yang berkembang memiliki istilah Teddy Boys. Gaya ini muncul sesudah perang panjang di Inggris. Sejak itulah masyarakat sadar akan pentingnya persatuan dan ingin mengikis kesenjangan sosial. Dan untuk mengekspresikan hal tersebut, para penjahit tradisional memperkenalkan jas dengan satu kancing, berukuran panjang serta pas di badan terbuat dari bahan beludru.

  1. Mode Tahun 1960-an

Pada tahun 1960-an, pecinta fashion mulai bosan dengan warna gelap sehingga kemudian muncul pakaian berwarna cerah yang memiliki motif floral, ramai, dan longgar ala kaum Hippie. Pada masa ini juga kental dengan penggunaan scarf serta syal untuk mengikat kepala.

  1. Mode Tahun 1970-an

Tahun 1970-an ini adalah eranya musik punk serta disco yang berpengaruh pada tren berbusana dengan penggunaan celana gombrong dan lebar di bagian bawah.

  1. Mode Tahun 1980-an

Perkembangan teknologi terjadi pada era ini yang juga berpengaruh pada perubahan lifestyle. Apabila dulu kaum pria mendominasi kalangan pekerja, maka di era 80-an, mulai muncul wanita karier sehingga berpengaruh pula pada tren gaya pekerja.

  1. Mode Tahun 1990-an

Pada masa ini, tren tahun 60-an dan 70-an kembali muncul dengan adanya jaket denim, pakaian baseball, sweater, dan outfit fitness yang dipadukan dengan sneakers.

  1. Mode Tahun 2000-an – Masa Kini

Tahun 2000-an awal, gaya berpakaian dipengaruhi oleh gaya 90-an dengan munculnya bandan, trucker hat, jaket denim. Kemudian perubahan menjadi gaya busana emo yang kental dengan eyeshadow hitam dan gaya gothic serta rambut poni menutupi mata. Dan di masa kini mode lebih beragam, tidak hanya berpaku pada satu pengaruh saja, namun dipengaruhi oleh beberapa tren sekaligus.

Itulah perkembangan mode dunia dari masa ke masa, tren mode selalu berputar, oleh karena itu jangan heran jika mode puluhan tahun lalu bisa kembali menjadi tren di masa kini atau di masa mendatang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *