Perkembangan Mode dari Tahun ke Tahun

Manusia sudah mengenal fashion dari berabad-abad lalu. diawali dengan pakaian-pakaian sederhana yang terbuat dari kulit kayu ataupun kulit binatang. Kemudian seiring dengan perkembangan peradaban manusia, maka cara berpakaian mereka pun semakin berubah dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Manusia mulai mengenal kain dan menciptakan sebuah baju yang lebih layak dan lebih bisa melindungi mereka dari cuaca. Fashion selalu berkembang sesuai zaman. Dunia fashion tidak mudah untuk diprediksi. Tiap generasi, tiap dekade, tiap tahun, dan bahkan tiap musim memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda. Sebenarnya jika dicermati, perkembangan mode dari tahun ke tahun hanya berputar. Jika melihat dari model dasarnya, desain baju sebenarnya tidak banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu, hanya bumbunya saja yang bergeser.

Yuk, coba kita lihat perkembangan mode apa saja yang terjadi.

Baca juga: Seputar Dunia Fashion : Perkembangan Trend Fashion Di Indonesia

Fashion tahun 60-an

Pada era ini, para pecinta fashion mulai menunjukan kebosanannya terhadap pakaian dengan warna gelap dan munculah pakaian dengan warna-warna cerah yang dilengkapi dengan motif floral. Kaum Hippie selalu identik dengan pakaian berwarna, bermotif ramai, dan longgar yang menunjukan kedekatan mereka dengan alam. Penggunaan syal atau scraf sebagai pengikat kepala juga menjadi ciri khas lain dari pecinta gaya Hippie.

Fashion tahun 70-an

Tahun 70an bisa disebut sebagai eranya musik disco dan punk yang diiringi pula dengan berkembangnya budaya disco. Gaya berbusana pada masa ini ditunjukkan dengan penggunaan celana yang gombrong dibagian bawah.

Fashion tahun 80-an

Perkembangan teknologi pada masa ini juga menyebabkan perubahan lifestyle. Jika dulunya kalangan pekerja didominasi oleh kaum pria, namun pada era 80an, kaum wanitapun mulai menapaki dunia karir sehingga dijuluki dengan wanita karir. Tren busana pun lebih mengarah ke gaya pekerja. Tidak hanya itu saja, gaya berbusana outdoor semacam outfit fitness dan olah raga mulai populer, khususnya wanita yang sering menggunakan legging sebagai perpaduan outfit celana mereka.

Fashion tahun 90-an

Pada era ini trend fashion tahun 60an dan 70an kembali berkembang. Jaket denim, outfit fitness, pakaian baseball, sweater yang dipadukan dengan sneakers kembali menjadi simbol dalam berbusana di era 90an.

Fashion tahun 2000an-Masa kini

Pada tahun 2000an gaya berpakaian masih terpengaruh gaya 90-an, gaya hip hop dengan celana gombrong, jaket denim, bandana, trucker hat, semua itu muncul ditahun 2000an awal. Pertengahan tahun 2000an juga diwarnai dengan gaya busana emo yang serba gothic, hitam eye shadow hitam dengan ciri khas rambut kesamping hingga hampir menutupi mata, dan juga mode rambut poni jadi tren saat itu. Skinny jeans pada 2005-2006 mulai terkenal dan banyak dipakai orang. Seperti ala grup band The Changcuters. Model jeans ketat sampai terlihat bentuk kakinya. Sebenarnya celana ini sudah pernah jadi tren di era 80-an yang sering dipakai band-band rock. Ada lagi nih yang lagi tren, high waist, ini bisa celana maupun rok. Di pertengahan 2008 sampai sekarang, banyak cewek yang suka memadukan bawahan high waist dengan kaos besar atau kemeja. Yang sering terlihat adalah celana pendek high waist, dengan kemeja putih longgar. High waist sebenarnya juga pernah menjadi tren pada 70-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *