Cara Merawat Kebaya Modis Agar Tetap Awet Dan Terlihat Baru

Menggunakan kebaya bisa membuat tubuh wanita yang menggunakannya tampak langsing dan anggun. Apalagi sekarang sudah banyak kebaya modis untuk berbagai keperluan resmi. Memiliki kebaya harus dibarengi dengan perawatan yang benar dan tepat, karena jika tidak bisa membuat  kebaya menjadi rusak.

Merawat kebaya tidak seperti merawat baju lain. Karena kebaya menggunakan bahan yang tipis dan halus. Yuk, simak tips merawat kebaya yang benar berikut ini.

Jangan Terlalu Sering Dicuci

Jika kebaya digunakan sebentar dan tidak terlalu kotor atau tidak terkena keringat sebaiknya jangan dicuci. Karena jika terlalu sering dicuci, bisa menyebabkan kebaya mudah sobek karena bahannya terbuat dari kain yang tipis dan halus. Caranya, cukup jemur atau diangin-anginkan saja di tempat yang teduh atau di ruangan yang ber-AC.

Jangan Gunakan Mesin Cuci

Mencuci menggunakan mesin cuci lebih praktis dan cepat, namun tenaga yang dihasilkan untuk memutar luar biasa. Hal ini bisa menyebabkan kain kebaya mudah rusak, apalagi jika kebaya modis yang memiliki banyak payet. Jadi sebaiknya cuci dengan cara manual seperti berikut ini:

  • Rendam kebaya menggunakan pelembut atau pewangi agar harum.
  • Diamkan selama 10menit agar harumnya meresap.
  • Tidak perlu mengucek kebaya, cukup diperas dengan lembut.
  • Pada waktu akan menjemur, tidak perlu diplentir. Peras saja dengan lembut
  • Jemur kebaya di tempat yang tidak terkena matahari langsung karena bisa menyebabkan warna kebaya memudar.

Menyetrika Kebaya Yang Benar

Kebaya tidak boleh disetrika langsung, caranya bisa dengan membentangkan kain atau koran di atas kebaya. Hal ini perlu dilakukan agar kebaya terhindar dari panas yang bisa mengenai kebayamu langsung. Selain itu tujuannya adalah agar serat kain pada  kebaya tidak berubah dan kamu bisa menggunakan alat bantu seperti menggunakan jaring setrikaan yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Cara mengguankan jaring setrikaan sama, yaitu diletakkan di atas kebaya.

Simpan Kebaya Di Tempat Dan Dengan Cara Yang Benar

Sebaiknya hindari menyimpan kebaya dengan cara dilipat, apalagi jika kebaya jarang digunakan. Karena bisa menyebabkan lekukan pada bagian yang dilipat.  Kebaya yang dilipatdapat mengubah bentuk kain. Cara tepat menyimpan kebaya adalah dengan digantung menggunakan hanger yang sudah dilengkapi dengan padding, yaitu bagian lengan yang membuat kebaya tidak turun atau terkoyak.

Selain itu perhatikan suhu kelembaban lemari tempat menyimpan kebaya. Hindari menyimpan di tempat yang lembab. Cara yang tepat adalah dengan menyimpandi kotak. Hal ini dapat menjaga agar tekstur dan garis kebaya tidak berubah.

Jauhkan Kebaya Dari Kapur Barus Atau Kamper

Kapur barus dan kamper digunakan agar terhindar dari binatang dan bau apek. Namun jika menempel pada kebaya modis bisa menyebabkan kebaya jadi rusak. Agar tidak lembab dan bau apek caranya bisa menggunakan silicia gel. Bahan ini cukup baik untuk menyerap udara yang lembab pada lemari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *