Pengertian Dan Tips Menggunakan Hijab Pashmina Simple

Kreasi hijab modern membuat sebagian orang tertarik beralih merubah penampilan dengan menggunakan jilbab. Ada banyak alasan yang melatar belakangi perubahan tersebut. Ada yang karena tertarik dengan modelnya, mengikuti trand dan ada juga yang memang benar-benar merubah penampilan atas dasar keinginan dari dalam hatinya. Salah satu yang sedang trand dan menjadi favorit adalah hijab pashmina.

Pengertian Jilbab Pashmina

Jilbab atau kerudung pashmina adalah kerudung yang menggunakan kain atau selendang yang panjang. Sudah banyak model kreasi kerudung pashmina yang membuat penampilan terlihat mempesona. Kelebihan kerudung ini cocok digunakan untuk busana muslim apapun, baik yang formal maupun non formal.

Kelebihan menggunakan model kerudung pashmina terkesan lebih casual fariatif dan berwarna. Modelnya yang simple lebih mudah dipadukan dengan tambahan aksesoris yang membuat penampilan terlihat lebih menawan dan mewah.

Baca juga: TIPS PAKAI JILBAB UNTUK PEMULA

Tips Menggunakan Jilbab Pashmina

Berkut ini beberapa tips mengenai cara menggunakan jilbab pashmina modern yang bisa Anda aplikasikan. Yuk, langsung saja simak step by stepnya berikut ini:

  1. Pertama-tama yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah bahan pashmina. Bahan yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Misalnya jika acara pesta bisa gunakan bahan yang halus, jatuh dengan sempurna dan mewah. Contohnya bahan sutera, wol atau sifon. Sedangkan jika untuk kegiatan sehari-hari, terutama saat di luar rumah bisa gunakan kerudung denga bahan katun atau kaos yang mampu menyerap keringat dengan baik.
  2. Menggunakan kerudung harus menutupi aurat, jangan sampai ada satu helai rambut yang keluar. Jadi sebelum menggunakan pashmina terlebih dulu gunakan ciput ninja sebagai dalaman agar saat menggunakan jilbab rambut tidak keluar. Selain menutupi kepala, ada model ciput ninja yang menutup hingga dada. Pilih warna ciput yang sesuai dengan warna kerudung.
  3. Setelah itu gunakan pashmina di atas kepala, pastikan kedua sisi berbeda panjangnya (satu sisi lebih panjang).
  4. Ikat atau satukan kedua sisi kerudung di bawah dagu menggunakan peniti.
  5. Lalu angkat sisi kain yang panjang ke arah bersebrangan ke bagian atas kepala sampai melewati bagian belakang leher lalu sematkan jarum pentul atau peniti agar tidak mudah lepas.
  6. Sedangkan pada bagian sisi kain yang pendek bisa dilekatkan ke bagian belakang leher. Sematkan jarum pentul.

Jika ingin menambah kesan yang elegan bisa gunakan aksesoris, seperti: bandana, bros, kalung atau gelang yang warnanya senada dengan hijab pashmina dan busana muslim yang digunakan.

Menggunakan hijab yang harus dipertimbangkan adalah kesantunan atau syar’I, artinya saat menggunakan hijab harus menutupi seluruh kepala dan leher, kecuali bagian wajah. Sama halnya saat menggunakan busana muslim harus menutup aurat, kecuali bagian telapak tangan.

Sekarang sudah banyak model hijab yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan tanpa akhirnya menyalahi aturan seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *