Variasi Desain dan Model Baju Batik Modern untuk Wanita

Batik merupakan kain khas Nusantara yang kaya akan corak. Hampir setiap daerah di Indonesia corak batiknya sendiri. Sejak UNESCO memproklamirkan batik sebagai budaya warisan dunia yang harus dilestarikan, nama batik kembali terangkat. Semakin banyak desainer dan produsen pakaian yang mulai melirik batik sebagai bahan dan corak pakaian yang mereka produksi. Berbagai inovasi yang dilakukan para desainer dalam pengadaan pakaian bercorak batik membuat masyarakat kini memiliki banyak pilihan dalam menentukan model pakaian berbahan batik paling cocok untuk penampilannya. Batik kini diproduksei dengan berbagai model dan jenis pakaian terbaru dengan desain yang lebih modern. Berikut ini adalah beberapa ide variasi desain dan model baju batik modern untuk wanita yang bisa digunakan di berbagai momen, baik formal maupun santai.

Kimono Batik

Kimono merupakan pakaian khas wanita jepang yang umumnya didesain polos dengan warna yang cenderung kalem. Terinspirasi dari pakaian tersebut, para desainer Indonesia berinovasi dengan membuat pakaian wanita mirip kimono yang memanfaatkan bahan dan corak batik. Kimono batik ini adalah perpaduan bahan dan model yang klasik, namun dengan desain yang lebih modern,  sehingga terkesan unik dan kekinian. Kimono batik merupakan model baju batik modern yang sangat cocok dikenakan ke kantor atau ketika hangout bersantai di cafe bareng rekan kerja. Panjang batik kimono yang diproduksi pun beragam, mulai dari yang sepanjang lutut hingga berukuran di bawah lutut.

Baca juga: Tips Merawat Batik Muslim Agar Tetap Awet dan Terlihat Baru

Blazer Batik

Blazer adalah sejenis jas khusus untuk wanita yang berfungsi sebagai pakaian luaran untuk memberikan kehangatan dan menambah kesan formal, sebab umumnya blazer memang dikenakan oleh wanita pekerja kantoran. Namun, inovasi yang dilakukan oleh para desainer dan produsen pakaian tanah air menghasilkan jenis blazer yang cocok dikenakan di momen-momen santai, yaitu blazer batik. Jika umumnya blazer diproduksi dengan warna gelap sepearti hitam, merah, atau abu tua, kini blazer diproduksi dengan memanfaatkan bahan batik yang memiliki sangat banyak corak, sehingga para wanita bisa menyesuaikan penampilannya dengan berbagai corak blazer batik yang dimilikinya.

Selain mengandalkan bahan batik yang merupakan hal baru dalam pembuatan blazer, potongan blazer pun diproduksi dengan berbagai variasi desain, terutama di bagian kerah atau belahannya yang tidak melulu dibentuk dengan model V-neck. Saat ini, tidak sedikit blazer yang didesain dengan dengan model potongan O bahkan potongannya menyerupai huruf W. Jika biasanya blazer dikombinasikan dengan kemeja berkerah, blazer batik ini sangat cocok dipadukan dengan kaos lengan pendek sehingga bisa dikenakan di momen-momen santai.

Itulah beberapa ide variasi desain dan model baju batik modern untuk wanita. Selain variasi desain model baju batik terbaru sebagaimana dibahas di atas, masih banyak lagi variasi model baju modern lainnya yang memanfaatkan bahan dan corak batik, di antaranya adalah vest atau rompi panjang batik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *