Variasi Desain Batik Modis untuk Pakaian Wanita

Sudah menjadi hal lumrah jika seorang wanita mengikuti perkembangan trend dunia fashion. Kaum wanita selali ingin tampil menarik dengan memakai pakaian model terbaru dan mengikuti gaya berbusana terbaru sehingga mereka selalu mengupdate penampilannya sehingga terkesan lebih segar dan fresh. Para wanita akan menempuh berbagai cara agar selalu tampil cantik dan menarik, salah satunya dengan selalu mengikuti kabar terbaru tentang trend dan gaya terkini. Saat ini, trend yang berkembang di masyarakat adalah berbagai variasi pakaian dengan memanfaatkan bahan dan corak batik. Penggunaan material dan corak batik semakin tinggi sejak batik ditetapkan sebagai budaya warisan dunia non bendawi oleh UNESCO. Kesadaran msayarakat untuk memakai batik semakin tinggi. Permintaan pasar yang semakin tinggi terhadap berbagai variasi model pakaian batik disambut dengan baik oleh para desainer dengan membuat beragam inovasi model pakaian batik terbaru. Berikut ini adalah beberapa contoh variasi desain batik modis untuk pakaian wanita.

Cardigan Batik

Cardigan merupakan jenis pakaian luar yang berfungsi sebagai pelapis dari baju dalam. Biasanya, cardigan dibuat tanpa kancing depan dengan model kedua sisinya terbuka, kurang lebih fungsinya seperti jas namun tanpa lipatan kerah leher dan diproduksi dengan bahan yang jauh lebih tipis, misalnya dengan bahan sifon atau katun. Saat ini, sudah banyak ditemukan cardigan batik di pasaran. Cardigan batik memiliki keunggulan lebih kaya corak dan lebih beragam motifnya, sehingga cardigan batik cocok dipadukan dengan berbagai model dan warna kaos.

Rok Batik Semi Flared

Batik memang sering dimanfaatkan sebagi bahan rok, namun rok batik kebanyakan diproduksi dengan desain yang konvensional dan terkesan dasar. Saat ini, terdapat rok batik model terbarunyang lebih modern, yaitu rok batik semi flared ini juga dikenal dengan nama rok A-line. Rok yang satu ini didesain seperti huruf A, yaitu ramping dan ketat di bagian perut atau pinggangnya, sementara semakin ke bawah ukuran roknya akan semakin melebar. Desain rok batik tidak jarang menkombinasikan antara satu corak batik dengan corak batik lainnya.

Rompi Panjang Batik

Rompi panjang atau yang lebih dikenal dengan sebutan vest merupakan luaran panjang yang didesain tanpa lengan, seperti model rompi namun dengan desain bagian bawah yang jauh lebih panjang. Saat ini, vest bercorak batik sedang menjadi trend di masyarakat, terutama dikenakan oleh wanita yang bekerja kantoran dan tidak jarang juga dikenakan oleh para mahasiswi. Vest batik biasanya dipadukan dengan kemeja lengan panjang berwarna polos dan kalem.

Itulah beberapa contoh variasi desain batik modis untuk pakaian wanita. Memakai batik memang harus semakin digalakkan. Selain karena batik merupakan warisan luhur dan merupakan budaya asli Nusantara, memakai batik akan membuat penampilan seorang wanita lebih kalem dan terkesan sopan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *