Manfaat Menggunakan Baju Batik Modern

Sejak ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh UNESCO, penggunaan kain batik memang semakin tinggi di kalangan masyarakat. Apalagi saat ini banyak bermunculan baju batik modern dengan gaya kekinian yang lebih up to date sehingga bisa digunakan oleh berbagai macam usia ke berbagai macam acara. Ada banyak manfaat penggunaan baju batik ini dengan gaya yang lebih modern, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengharumkan Nama Indonesia

Menggunakan baju batik modern, khususnya di acara-acara internasional tentunya memiliki manfaat untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Dengan menggunakan baju batik, maka masyarakat di dunia akan semakin mengenal budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan tak jarang, banyak orang asing yang ingin datang ke Indonesia atau belajar budaya Indonesia karena melihat corak batik yang unik dan mempesona.

  1. Menunjukkan Rasa Terima Kasih pada Leluhur Bangsa

Batik merupakan warisan budaya dari leluhur bangsa yang mana memiliki makna filosofis di setiap corak dan gambarnya. Oleh karena itu dengan mengenakan baju batik, sama artinya dengan menunjukkan rasa terima kasih pada leluhur bangsa. Rasa terima kasih ini menjadi wujud bahwa generasi sekarang memiliki rasa memiliki akan segala usaha yang telah dilakukan oleh para leluhur.

  1. Menjaga Warisan Budaya Bangsa

Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, oleh karena itu harus dijaga sebaik mungkin agar tidak punah atau diklaim sebagai milik bangsa lain. Tentunya bukanlah hal baru ketika budaya milik bangsa Indonesia kerap diklaim oleh negara lain, tentunya ada rasa tidak terima ketika hal itu terjadi, namun tentunya kita harus bertanya, apa yang sudah dilakukan untuk menjaga warisan budaya tersebut. Jangan sampai kita acuh terhadap budaya bangsa, namun ketika diklaim kita marah. Oleh karena itu, sebagai generasi bangsa yang cinta Indonesia, kita harus menjaga warisan budaya bangsa, salah satunya adalah dengan menggunakan baju batik.

  1. Membangkitkan Semangat Nasionalisme

Bisa dikatakan bahwa batik merupakan kain persatuan bagi bangsa Indonesia serta menjadi simbol bagi jati diri bangsa. Ada banyak jenis kain batik di Indonesia sesuai dengan daerah asalnya, oleh karena itu dengan menggunakan batik, sama halnya kita membawa nama Indonesia, dengan begitu rasa nasionalisme dalam diri pun akan tumbuh sehingga meningkatkan rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia.

  1. Mengenalkan Budaya Indonesia di Mata Dunia

Ingin mengenalkan budaya Indonesia tidak harus menjadi duta budaya atau duta pariwisata terlebih dahulu. Dengan mengenakan batik juga bisa menjadi sarana mengenalkan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Itulah beberapa manfaat mengenakan baju batik modern, dengan mengenakan baju batik dengan gaya modern, maka akan memberikan kesan trendi sehingga batik akan semakin disukai, tak hanya oleh orang tua, namun juga oleh generasi muda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *