Desain Batik Modis untuk Wanita

Penggunaan material dan corak batik semakin banyak ditemukan di pasaran setelah batik ditetapkan sebagai budaya warisan dunia non bendawi dari UNESCO. Batik mulai dilirik lagi oleh masyarakat dan kesadaran untuk memakai batik semakin tinggi. Kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan batik itu disambut baik oleh para desainer terkemuka tanah air dengan membuat beragam inovasi model pakaian dengan material atau corak batik sehingga batik semakin terangkat dan permintaan akan baju dengan corak batik semakin tinggi. Banyaknya model pakaian batik terbaru juga membuat masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan batik. Kini batik dapat dipakai oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, dan juga bisa dipakai di berbagai momen, tidak hanya di momen-momen resmi sebagaimana kegunaannya yang semula. Banyaknya pilihan desain batik modis membuat pemanfaatan batik sebagai pakaian semakin meluas.

Pemanfaatan batik yang paling besar adalah dijadikan sebagai bahan atau corak pakaian wanita. Pakaian wanita yang desainnya lebih beragam juga berdampak pada permintaan pakaian batik wanita lebih besar dibandingkan pakaian batik pria. Berikut ini adalah beberapa desain batik modis untuk wanita yang paling banyak dicari di pasaran.

Cardigan Batik

Cardigan seringkali dijadikan luaran kaos atau baju sebagai penghangat atau sekadar untuk mode. Jika selama ini cardigan lebih identik dengan kain katun, kini sudah banyak ditemukan cardigan batik di pasaran. Corak batik yang sangat kaya dan beragam membuat cardigan batik cocok dipadukan dengan berbagai warna kaos. Selain lebih modis dan coraknya lebih meriah dan kental dengan unsur tradisional, cardigan batik lebih enteng ketika dipakai, dan ketika dikenakan di cuaca yang panas, penggunanya tidak akan mudah berkeringat karena bahannya yang nyaman. Untuk membuat batik sesuai selera, para wanita bisa mencontoh berbagai model cardigan yang sedang jadi trend dan bisa menerapkannya dengan mendesain cardigan berbahan batik sehingga sesuai dengan selera masing-masing.

Rok Batik Semi Flared

Pemanfaatan batik sebagai bahan dan corak rok memang sudah umum kita temukan. Namun umumnya rok batik tersebut diproduksi dengan model atau desain lama. Model baru rok batik yang sedang diminati di pasaran adalah rok batik semi flared, yaitu rok batik dengan model seperti huruf A yang semakin ke bawah semakin melebar sedangkan bagian perut dan di bagian paha dibuat lebih ketat. Rok model semi flared ini juga dikenal dengan nama rok A-line. Rok batik semi flared didesain dengan hiasan berupa manik-manik atau kancing di bagian depannya yang disusun horizontal dari bagian perut hingga di bawah lutut. Desain rok batik ini juga seringkali mengandalkan kombinasi antara satu corak batik dengan corak batik lainnya sehingga kesannya lebih modis dan elegan.

Itulah beberapa desain batik modis untuk wanita yang sedang ramai diburu di pasaran. Model yang sangat beragam dan desain yang unik membuat batik kini juga dapat dipakai untuk bergaya dan menunjang penampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *