Ragam Motif untuk Baju Batik Modis

Batik adalah salah satu budaya Indonesia yang juga telah disahkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Saat ini desain baju batik lebih modis dengan perpaduan beragam kain batik yang ada di Indonesia. Ada banyak jenis motif batik yang digunakan untuk membuat baju batik modis, yaitu sebagai berikut:

Motif Sekar Jagad

Motif batik ini berasal dari Yogyakarta, memiliki makan keindahan serta kecantikan sehingga orang yang melihatnya akan terpesona. Selain makna tersebut, ada juga yang menafsirkan bahwa motif batik ini memiliki bentuk pulau-pulau sebagaimana namanya ‘karjagad’ yang dalam bahasa jawa memiliki arti peta dunia.

Motif Sidomukti Magetan

Sebagaimana namanya, motif batik ini berasal dari Kabupaten Magetan. Batik ini mempunyai gambar dasar bambu, yang mana filosofinya adalah harapan agar mendapatkan ketenangan lahir serta batin.

Motif Batik Keraton

Pada mulanya, motif batik keraton begitu eksklusif yang hanya boleh dikenakan oleh keluarga keraton saja, sedangkan rakyat biasa tidak diperbolehkan untuk mengenakan batik ini. Akan tetapi, aturan tersebut dihilangkan, sehingga rakyat biasa diperbolehkan untuk menggunaan motif ini. Motif ini menjadi eksklusif karena ada beberapa alasan, selain karena hanya digunakan oleh keluarga keraton juga karena penemu motif ini ialah putri-putri keraton.

Motif Batik Jepara

Ada dua jenis motif batik Jepara, yaitu motif lama serta motif baru. Untuk motif lama mempunyai pola flora fauna, gajah cokelat, daun ulir hijau. Sedangkan untuk motif batik baru memiliki lebih banyak variasi dan warna.

Motif Batik Ceplok

Motif ini mempunyai desain geometris yang didasarkan pada bentuk bintang, mawar melingkar, serta bentuk lainnya yang membentuk motif serta pola simetris pada kain secara keseluruhan.

Motif Kawung

Batik motif kawung ini dipercaya sebagai motif batik tertua yang dulu hanya digunakan oleh keluarga kerajaan. Motif ini memiliki bentuk penampang buah aren atau buah kelapa.

Baca juga: Batik Modis Untuk Terlihat Tampil Lebih Muda

Motif Parang Rusak

Motif ini mempunyai arti pertarungan manusia melawan kejahatan dan keburukan dengan cara mengendalikan sifat serta keinginan, sehingga manusia bisa menjadi mulia serta bijaksana.

Motif Parang Barong

Pada zaman dahulu, motif ini hanya digunakan oleh raja. Motif ini juga dipercaya sebagai motif yang suci. Arti dari motif ini ialah agar raja bisa berhati-hati dan selalu bisa menjaga diri sehingga bisa menjadi raja yang adil, jujur, serta bertanggung jawab ketika memimpin rakyatnya.

Motif Mega Mendung

Motif mega mendung bisa dikatakan sebagai salah satu motif favorit untuk membuat baju batik modis. Motif ini berasal dari Cirebon yang mana memiliki pola berbentuk awan dengan warna gelap seperti merah tua, biru tua, hijau tua, dan warna-warna tua lainnya.

Motif-motif di atas seringkali digunakan untuk membuat baju batik modis yang dikreasikan sedemikian rupa sehingga tampilan baju batik menjadi lebih modern dan trendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *