Kreasi Baju Batik Modern untuk Wanita

Jika beberapa dekade lalu, batik sering digunakan oleh para orangtua dengan model atau desain baju yang biasa-biasa saja. Maka beberapa tahun terakhir ini, kreasi baju batik modern semakin banyak. Tak hanya untuk pria, namun juga untuk wanita. Dan berikut ini adalah beberapa kreasi baju batik yang cocok digunakan untuk para wanita:

Kebaya Kutu Baru

Jika dulu kebaya kutu baru lebih banyak digunakan oleh orang-orang sepuh, maka sekarang gaya kutu baru banyak diadopsi dengan gaya yang lebih modern, padu padannya dengan aneka macam jenis kain batik membuat tampilan kutu baru semakin modis dan cantik. Kebaya kutu baru ini sangat cocok dipadankan dengan kain batik model lilit pada bagian bawah sehingga tubuh wanita yang menggunakannya akan terlihat lebih langsing. Kebaya ini cocok digunakan untuk acara formal seperti datang ke undangan resepsi pernikahan.

Baju Bergaya Plum

Kain batik juga sangat cocok digunakan untuk baju batik modern bergaya plum yang mana pada baju gaya ini mulai mengembang atau bervolume pada bagian pinggang sehingga membuat bentuk atau desain baju ini semakin cantik. Kain batik bisa diaplikasikan pada bagian lengan, pinggang, atau pada bagian kerah atasan plum ini, sedangkan untuk bagian bawahnya bisa menggunakan kain batik lilit, atau rok batik bergaya span atau lipit pada bagian depan. Baju batik dengan daya plum ini cocok digunakan untuk acara resepsi pernikahan.

Baju Bergaya Kimono

Kimono adalah baju khas dari Jepang yang memiliki bentuk bertumpuk antara bagian kanan dan bagian kiri. Jika di Jepang gaya kimono memiliki bentuk panjang, untuk modifikasi gaya ini bisa dibentuk dengan lebih pendek sebatas paha. Namun, pada bagian depan tepat mengambil bentuk dasar ala kimono jepang. Baju ala kimono ini cocok dipadupadankan dengan celana berbahan kain serta cocok untuk dikenakan saat pergi ke kantor.

Baca juga: Tips Padu Padan Pakaian Modis dengan Celana Jeans

Gamis

Bagi hijaber atau para muslimah yang mengenakan baju longgar dan tak membentuk lekuk tubuh, namun tetap ingin memadupadankannya dengan kain batik, maka bisa membuat baju gamis batik. Sebaiknya dalam pembuatan gamis ini tidak seluruhnya terbuat dari kain batik, akan tetapi dipadukan dengan kain katun atau kain satin pada bagian-bagian tertentu sehingga gamis pun bisa tampak modis namun tetap mengangkat budaya batik. Gamis batik ini bisa dikenakan tak hanya untuk acara formal saja, namun juga acara non formal.  

Blazer Batik

Kebanyakan blazer biasanya terbuat dari bahan yang tebal dengan warna polos, namun kini batik pun bisa dikreasikan menjadi blazer yang cantik dan modis.

Kreasi baju batik modern untuk wanita ini tentunya hanya sebagai pandangan desain dasar semata, dan untuk lebih bagusnya, bisa ditambah dengan belt atau pita sesuai dengan selera penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *