Memilih Baju Modis agar Tampil Up To Date

Baju adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia. Tujuan utamanya adalah menutupi bagian tubuh. Seiring kemajuan jaman, baju bukan lagi sekadar penutup tubuh tapi juga untuk meningkatkan penampilan, sebagai identitas diri, untuk menunjukkan status, dan tujuan lainnya. Sering kita mendengar kata modis; baju modis, orangnya modis. Apa sebenarnya arti modis itu? Banyak yang salah mengartikan ‘modis’ sebagai kata serapan dari bahasa Inggris ‘modest’, padahal itu adalah kata yang berbeda makna. Modest berarti sederhana atau sopan. Sedangkan menurut KBBI, modis adalah: yang mengikuti mode, yang berpakaian sesuai dengan mode yang paling baru. Jadi bisa dikatakan seseorang yang modis adalah seseorang yang selalu up to date dalam mengenakan baju modis.

Tren fesyen selalu berganti. Untuk dikatakan modis kita harus selalu mengikuti tren. Tapi tidak sedikit yang ingin bergaya dengan baju modis mengikuti tren dengan mengabaikan unsur penting dalam berpakaian yaitu kenyamanan, kepantasan dan kepuasan diri.

Misalnya, saat hotpants sedang ngetren, memaksakan ikut memakai hotpants demi disebut modis padahal tidak merasa nyaman dan percaya diri saat mengenakannya. Ketidaknyamanan itupun akan terlihat oleh orang lain sehingga tujuan menjadi modis tidak kesampaian. Atau ketika destroyed jeans yang baru-baru ini menjadi tren, tetapi dipakai saat acara formal atau ke tempat-tempat yang sepatutnya memakai pakaian rapi dan sopan, akan menjadi kurang pantas dan tidak juga menjadi modis. Atau menggunakan busana dengan model yang tidak terlalu cocok dengan bentuk tubuh Anda. Kepuasan diri adalah hal yang lebih sulit lagi. Misalnya Anda menyukai gaya tertentu seperti sporty, bohemian, gothic, dan gaya spesifik lainnya tetapi yang sedang ngetren bukanlah gaya yang Anda sukai, Anda akhirnya memilih mengikuti tren tersebut dan memakai baju modis agar tidak ketinggalan jaman.

Baca juga: Gaya Modis Tanpa Boros

Padahal, untuk menjadi modis Anda tidak harus selalu mengikuti arus sepenuhnya. Anda bisa memasukkan unsur gaya Anda sendiri terhadap tren yang ada. Tahun 2016 ini, salah satu tren baju modis untuk musim panas –seperti koleksi Vanessa Seward dan Saint Laurent– adalah busana berbahan lamé, yaitu jenis kain yang terbuat dari serat logam yang ditenun atau dirajut sehingga menghasilkan kain yang halus dan ‘jatuh’ dengan warna-warna metalik seperti emas, perak dan tembaga. Anda tidak perlu menggunakan busana dengan bahan lamé head to toe dengan potongan model serupa seperti yang dipamerkan di panggung runway. Anda cukup menggunakannya di beberapa bagian misalnya blus dengan bahan kombinasi lamé berwarna keemasan dan katun berwarna hitam bila Anda tidak ingin terlihat terlalu mencolok. Model busanapun bisa tetap disesuaikan dengan gaya Anda sendiri. Entah Anda penyuka gaya feminin dengan dress atau gaya sporty dan lainnya.

It takes effort to be stylish, tapi tidak perlu berlebihan dan mengorbankan terlalu banyak. Sehingga Anda bisa bergaya dengan baju modis yang up to date dan tetap merasa nyaman mengenakannya. Anda juga tidak akan kehilangan jati diri. Itulah yang menjadikan Anda merasa modis, terlihat modis dan unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *