Info Seputar Baju Batik Modern

Bagi masyarakat Indonesia, kain batik merupakan salah satu karya dalam negeri yang sangat disukai dan dibanggakan karena sejarahnya, motif baju batik modern yang indah dan beraneka ragam serta teknik pembuatannya yang rumit. Tak heran kain batik pun menjadi salah satu komoditas ekspor dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Kata “batik” berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa yaitu “amba”, yang bermakna “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik“. Kain batik tulis dibuat dengan cara khusus yaitu menuliskan atau menggambarkan corak dengan menggunakan canting yang berisi cairan sejenis malam. Seiring berjalannya waktu, jenis kain batik secara teknik tidak hanya batik tulis saja tapi juga ada batik cap yaitu membubuhkan tekstur dan corak batik pada kain dengan menggunakan cap yang biasanya terbuat dari tembaga, dan batik lukis yakni dengan langsung melukiskan corak batik diatas kain putih.

Batik di jaman modern sudah banyak diolah bentuk agar lebih wearable dan fashionable. Untuk busana pria, kebanyakan kain batik digunakan untuk bahan kemeja baik kemeja lengan pendek maupun lengan panjang. Ada juga jaket dan celana kombinasi batik untuk pria. Sedangkan untuk baju batik modern wanita lebih bervariasi lagi dari mulai blus, blazer, celana, rok, gaun sampai baju muslim. Warna dan corak yang bervariasi menjadikan batik mudah untuk dipadupadankan dengan apapun.

Baca juga: Tips Batik Modis untuk Pergi ke Kantor

Untuk para pria yang ingin tampil gaya dengan baju batik modern, dapat mengenakan kemeja batik dengan celana chino atau celana jeans. Dan untuk tampilan young & fresh, anda dapat memadankan batik dengan celana capri dan sepatu sneakers. Untuk wanita, inspirasi mix & match Anda dengan batik sangat banyak. Untuk tampilan resmi, gaun batik dengan model A line atau span bisa menjadi pilihan. Bila tidak ingin corak batik terlalu mendominasi, Anda dapat menggunakan gaun kombinasi kain batik dengan kain katun polos, atau Anda bisa menggunakan rok hitam polos dengan kaus tanpa lengan dipadukan dengan blazer batik. Untuk tampilan yang playful dan santai Anda dapat menggunakan kaus polos berwarna netral seperti hitam, putih atau krem dengan palazzo pants atau rok midi berbahan batik dan kenakan high heals yang warnanya sesuai dengan nuansa warna batik.

Tak hanya baju berbahan batik, tapi banyak fashion item lainnya yang berbahan batik seperti sepatu, tas, topi, dan perhiasan kalung, gelang juga anting.

Batik mungkin terkesan terlalu formal untuk digunakan sehari-hari karena batik menjadi pakaian nasional resmi dengan perayaan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. Tetapi dengan kreatifitas dan banyaknya designer yang terus berkarya dengan inovasi-inovasi penggunaan kain batik, tentu tampilan Anda akan tetap stylish dengan baju batik modern.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *