Tips Singkat Cara Merawat Hijab Pashmina

Hijab pashmina merupakan sehelai kain yang panjang dan sering digunakan sebagai kerudung. Bahan dari pashmina ini juga sangat bervariasi mulai dari satin, katun, cashmere hingga chiffon. Untuk Anda yang menggunakan jilbab, pashmina tentu bukan hal yang asing untuk Anda. banyak muslimah yang lebih memilih menggunakan pashmina karena ia memiliki bentuk yang lebih panjang dibandingkan dengan jilbab biasa.

Selain lebih panjang, pashmina juga kerudung yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam model jilbab yang sangat menarik. warna dan motifnya yang beragam pun bisa disesuaikan dengan busana yang akan kita gunakan sehingga tampilan kita pun akan menjadi lebih modis. Bahan pashmina yang ringan dan frekuensi penggunaan yang sering juga dapat membuat pashmina menjadi lebih cepat rusak. Oleh sebab itu Anda harus memperhatikan cara perawatan pashmina yang tepat agar koleksi pashmina Anda menjadi awet.

Bagaimana cara perawatan pashmina? Untuk mencuci pashmina, sebaikanya Anda segera mencuci hijab pashmina sesudah pemakaian agar bau dan keringat yang tertinggal selama aktifitas tidak akan menempel dan terserap. Rendam pashmina Anda di air hangat dan tambahkan dengan sedikit sabun. Sabun yang Anda gunakan juga sebaiknya jangan terlalu keras. Sebelum pencucian, rendam selama 20 menit. Hindari mencampur pashmina dengan baju lain ketika pencucian, setelah itu rendam pashmina dengan cairan pelembut dan pewangi pakaian agar nantinya pashmina Anda bisa tetap wangi. Jangan mencuci menggunakan mesin cuci karena dapat merusak pashmina seperti kain yang melar. Disarankan mencuci pashmina menggunakan tangan.

Baca juga: Gaya Modis untuk Anak Muslim

Untuk mengeringkan pashmina, lebih baik Anda menjemur pashmina dalam keadaan yang terbuka dari lipatan. Jangan menjemur dengan keadaan terlipat. Kembangkan pashmina dan keringkan secara alami dengan di angin-angin kan. Hindari apparan sinar matahari yang terlalu panas karena pashmina akan cepat memudar. Untuk pashmina dengan bahan crepe, chiffon, jangan memanaskannya terlalu lama, karena pashmina dengan bahan ini akan lebih cepat kering.

Untuk bagian penyetrikaan pashmina, pashmina yang sudah dicuci akan menjadi wangi dan bersih. Sudah pasti kerutan kain akan berada di sana. Anda dapat menyetrika pashmina agar bisa tetap halus dan tanpa kusut. Ketika menyetrika pashmina, pastikan Anda sudah mengatur panas setrika di suhu rendah. Menyetrika menggunakan suhu tinggi dapat meninggalkan bekas di pashmina Anda. setrika dengan cara perlahan dan tidak terlalu lama. Jika Anda memiliki pashmina dengan bahan paris, jika ada lubang di kainnya karena penggunaan jarum, gosok secara perlahan hingga kain yang berlubang akan menutup kembali seperti semula.

Terakhir, untuk penyimpanan pashmina, saat Anda akan memakainya, pasti Anda tidak mau jika pashmina sampai kusut. Oleh sebab itu faktor penyimpanan juga mengambil andil dalam hal ini. hindari melipat pashmina dan menyimpannya dengan bertumpuk. Penyimpanan secara bertumpuk akan meninggalkan lipatan yang akan membuat tampilan Anda menjadi kurang rapi saat menggunakannya. Cara untuk menyimpan pashmina yang paling tepat dengan cara menggantung nya. Selain tidak akan membuat pashmina kusut, penyimpanan dengan cara menggantung juga terkesan lebih rapi. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengambil pashmina saat ingin menggunakannya. Berbagai macam warna pashmina yang menarik juga bisa Anda jadikan sebagai sebuah hiasan di dinding. Sebetulnya harga dari hijab pashmina tidak begitu berpengaruh pada keawetan barang, percuma Anda membeli pashmina yang mahal namun perawatan dilakukan dengan keliru. Lebih baik Anda membeli dengan harga cukup murah namun perawatan dilakukan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *