Mengenakan Batik modis dengan Bangga

Menelaah sedikit tentang keberadaan batik tentu akan menambah rasa cinta terhadap warisan Indonesia ini, mengapa tidak batik sekarang bukan lagi menjadi momok yang menakutkan untuk dipakai, dan tidak pula terlihat menua jika mengenakannya. Batik telah banyak berevolusi untuk menjadi bagian kesatuan fashion yang banyak di gandrungi saat ini. Pakaian khas Indonesia ini telah banyak beredar berbagai batik modis yang siap memikat mata kita.

Agar lebih mencintai warisan budaya ini tentu kita harus tau arti dari batik. Ini merupakan langkah kecil kita mengenal dan melestarikannya. Batik merupakan perpaduan dua kata yang berasal dari bahasa jawa yang menurut lughoh (bahasa) amba yang berarti “menulis” dan “tik” artinya “titik”. Sedangkan menurut istilah batik adalah kain yang digambar dengan penuh kesabaran dengan teknik yang khusus serta proses pembuatannya menggunakan cara yang khas pula.

penampilanmu.com_batik modisBatik pada awalnya hanya di pakai oleh para bangsawan dan keraton serta para pembesar pada saat itu, sehingga motif yang di kenakan keraton berbeda dengan yang lain. Bahkan sampai sekarang desain motif tertentu hanya di pakai oleh keraton surakarta dan Yogyakarta. Batik bisa menyebarluaskan dikarenakan para pembesar banyak yang menetap di luar kraton sehingga sebagian di bawa dan di hasilkan di tempat masing-masing. Serta bisa di ketahui desainnya berdasarkan garis keturunan.

Teknik batik pun bermacam, diantaranya:

  • Batik cap, pembuatan batik cap ini bisa di bilang cukup singkat yaitu sekitar 2-3 hari dengan menggunakan alat yang terbuat dari tembaga.
  • Batik tulis, jenis teknik ini di katakan cukup sulit karena harus mengikuti pola yang sudah tersedia di atas kain. Untuk itu perlu kesabaran dan ketelatenan dalam melakukan teknik ini. Oleh karena tingkat kesulitan yang tinggi maka di butuhkan waktu 2-3 bulan untuk menyelesaikannya.
  • Batik lukis.

Teknik ini gampang bagi orang yang sudah mahir menggambar di atas kain. Karena teknik ini tidak perlu mengikuti pola yang disediakan akan tetapi langsung melukis di atas kain. Jadi, jika ingin mencoba lukislah sesuai dengan style Anda.

Baca Juga: Tampil Gaya dengan Baju Batik Modern

Dari semua teknik batik tersebut, semuanya mengarah kepada style yang di inginkan masyarakat pada umumnya, karena batik sekarang ini menjadi hal yang wajib di kenakan baik bagi orang dewasa maupun remaja, baik di jadikan seragam kantor dan sekolah serta baju sehari-hari, karena batik juga di buat untuk kalangan remaja, sehingga batik modis ini menjadi pilihan yang tepat akhir-akhir ini.

Dari perkembangan hingga teknik batik tak pelak jika di daerah-daerah mempunyai ciri khas batik sesuai tempat asalnya, misalnya batik Pekalongan, batik Jombang, batik Madura dan berbagai ciri batik yang lain yang ada di Indonesia. Kualitas dan bahan serta harga yang di tawarkan beragam sehingga tidak akan menyiksa kantong Anda tentunya.

Mengenakan batik merupakan kebanggaan tersendiri karena berperan kecil melestarikan budaya nenek moyang yang turun-temurun. Tampilan dan model yang di hadirkan tidak membuat kesan tua, malah menampakkan sisi feminim yang manis. Sebagai buktinya, para guru yang mengenakan pakaian ini terlihat semakin berwibawa. Dan para siswa yang terlihat cantik dengan kepolosan mereka. Semua hal itu, batik modis yang berasal dari berbagai daerah dapat menambah kepercayaan dan kecintaan terhadap keberagaman Budaya Indonesia serta bangga menggunakan pakaian batik sehari-hari yang selain juga bahannya yang sangat nyaman di kenakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *