Kebaya Modis Masa Kini

Salah satu pakaian tradisional di Indonesia yang berasal dari Jawa adalah Kebaya. Sekarang ini, kebaya sudah dimodernisasi dan didesain dengan berbagai model sehingga sudah terkenal hingga ke pelosok negeri bahkan ke mancanegara juga. Pakaian ini kian tampil memukau dengan campur tangan ahli busana sehingga menjadi kebaya modis. Tanpa mengurangi model aslinya, kebanyakan desainer hanya menambahkan payet, menggunakan berbagai macam bahan pakaian, corak atau motif yang bisa dipakai untuk semua jenis acara dari wisuda, gaun pengantin, fashion show, perayaan hari Kartini bahkan acara resmi lainnya dan tetap menonjolkan sisi sopan dan feminin. Penggunanya juga dari kalangan masyarakat biasa hingga artis dan seleb juga sering mengenakan kostum ini di dalam video klip atau tampil di sebuah acara TV. Berikut adalah jenis kebaya yang ada di Indonesia dan sering Anda temui dalam berbagai acara.

  • KEBAYA MODIS Kebaya Kutu baru.

Kebaya pada dasarnya semua sama. Yang membedakan satu sama lain adalah bahwa kebaya kutu baru didesain atau dijahit dengan tambahan kain agar bisa menghubungkan bagian kiri dan kanan dada serta perut. Jadi kain yang di tengah dibuat mirip kemben, kerahnya berbentuk persegi. Lengan biasa cuma sampai siku saja. Usahakan menggunakan korset agar perut tampak rata. Masih sering ditemui warga di daerah pedesaan atau wanita yang menjual jamu gendong menggunakan model kebaya ini.

  • Kebaya Jawa.

Kebaya Jawa sering digunakan oleh kebanyakan kaum hawa untuk wisuda atau gaun pengantin. Model ini terbilang lebih fashionable juga dibanding yang lainnya. Dengan model brokat untuk atasannya dan bawahannya juga bisa batik atau kain yang lain. Ciri khas dari atasan kebaya adalah bentuk huruf V pada kerahnya.

  • Kebaya Encim.

Dilihat modelnya, kebanyakan para desainer bilang bahwa atasan dari kebaya encim ini seperti perpaduan antara model Cheongsam dan adat melayu. Yang membedakan kebaya ini dengan yang lain hanya bawahan saja yang tidak dibuat ketat atau fit body.

  • Kebaya Bali.

Kebaya Bali tidak hanya digunakan pada saat acara besar saja. Warga Bali yang beragama Hindu setidaknya memiliki lebih dari satu kebaya karena wajib mereka kenakan saat upacara agama. Yang membedakan dari kebaya Bali dengan yang lain adalah kebaya Bali menggunakan obi, atasan berbahan brokat dan bawahannya batik corak Bali.

  • Kebaya Kartini.

Kebaya ini jarang dikenakan saat ini namun lebih popler pada jaman Kartini. Yang membedakan kebaya ini dari yang lain adalah atasannya cukup panjang hingga menutupi pinggul dan selalu berbahan katun.

Tetap lestarikan dan kembangkan pakaian tradisional dari kebaya modis dan pakaian adat lainnya dan menjadikannya fashion icon Indonesia ya, Girls.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *