Kebaya Modis Gaya Bali yang Sedang Menjadi Trend

kebaya bali - palingmodisKebaya Bali, sekarang menjadi kebaya modis yang sedang menjadi trend. Kebaya Bali ini merupakan kebaya tradisional yang berasal dari Indonesia, namun untuk daerah asalnya, sesuai dengan nama yang ia miliki, kebaya Bali ini berasal dari daerah Bali, namun penggemar kebaya Bali ini ternyata bukan hanya warga Bali saja melainkan para wanita Indonesia yang berasal dari Sumatera, Jawa, hingga berbagai wilayah Indonesia yang lain. Ini merupakan bukti jika kebaya Bali sudah sangat diminati oleh warga Indonesia secara luas. Bila dilihat dari sejarah, sejumlah sumber berpendapat apabila kebaya ini dulunya berasal dari India, Cina dan Arab, namun kemudian berakulturasi dengan budaya lokal Indonesia. Proses akulturasi ini berjalan hingga ratusan tahun.

Kebaya sekarang sudah tidak hanya populer menjadi busana tradisional untuk wanita jawa, namun kebaya juga digunakan untuk wanita Bali. Selain dikenal sebagai busana tradisional wanita, kebaya juga sangat identik dengan busana kuno yang sering dikenakan oleh para ibu-ibu. namun sekarang kebaya justru semakin populer dan mulai diminati oleh banyak wanita muda di Indonesia. Banyak wanita muda yang menyukai kebaya dan menjadikan kebaya ini sebagai sebuah kostum khusus untuk menghadiri acara spesial seperti wisuda, pernikahan, peresmian kantor dan berbagai acara yang lainnya.

Kebaya Bali ini umumnya dikenakan ketika pelaksanaan ritual budaya atau pun ritual keagamaan. Sebagai busana yang khusus dikenakan untuk acara yang bersifat ritual, kebaya Bali ini dilengkapi dengan bawahan kain batik dengan motif Bali, ada pula yang menambahkan aksesoris busana kebaya seperti ikat pinggang tradisional yang berupa kain. Lantas, apa perbedaan kebaya Bali ini dengan kebaya dari daerah lain. Ternyata yang menjadi pembeda kebaya Bali dengan kebaya lainnya ialah ikat pinggang yang dikaitkan pada pinggang si pemakai. Kain ini biasanya mempunyai warna yang kontras dengan warna kebayanya. Dengan majunya fashion di Indonesia, busana ini sekarang menjadi kebaya modis.

Pembeda yang lainnya pada kebaya Bali ini ialah motif di bahan kebaya. Motif atau corak pada kebaya sudah pasti sangat khas dan sangat mempresentasikan corak dari Bali. Apabila Anda lebih memperhatikan secara mendetail, sebagian besar dari motif yang diaplikasikan pada kebaya merupakan motif teratai dan bulat. Kedua motif ini sangat berbeda dengan motif di kebaya Jawa biasanya. Biasanya untuk kebaya Jawa akan menekankan bentuk lekuk yang panjang. Bagaimana untuk warnanya? Jika kita membicarakan warna. Bila diamati dengan seksama, sebagian besar kebaya Bali ini mempunyai warna yang cerah.

Sebetulnya juga ada pilihan warna lain yang jauh lebih lembut seperti warna netral putih dan hitam. Seperti jenis busana pada umumnya, kebaya Bali juga mengalami perkembangan mulai dari perubahan warna, aksesoris, motif. Untuk bagian model, Anda bisa memilih kebaya Bali dengan lengan pendek, lengan panjang, ada dengan kerah yang berbentuk V, berbentuk U, dan ada berbagai jenis model yang lainnya.

Kebaya modis ini juga bisa diidentifikasi dari jenis bahan yang dipergunakan serta aksesorisnya. Pada bahan brokat, sepertinya masih menjadi bahan yang paling difavoritkan untuk dibuat menjadi busana kebaya. Bahan brokat memang lebih elegan dan akan terlihat sangat mewah untuk dijadikan sebagai bahan utama, untuk aksesoris biasanya seperti ikat pinggang dengan 2 jenis pilihan yakni kain dengan satu tone warna dan 2 jenis tone warna, ada pula aksesoris yang sangat cantik seperti manik-manik dan payet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *