Tips Gaul Tidak Merusak Iman

model-baju-muslim-rancangan-dian-pelangi-terbaruGaul menurut kamus bahasa Indonesia berarti hidup berteman atau bersahabat. Gaul itu bukan mengikuti perkembangan fashion atau teknologi. Mengikuti perkembangan itu tren. Mari kita simak apa saja tips gaul itu. Berteman itu dari masa remaja sampai kita tua. Masa remaja adalah masa yang paling indah. Apa yang Anda rasakan ketika Anda masih remaja?

Masa remaja itu masa yang happy. Masa dimana kita lebih memikirkan kehidupan kita sendiri. Masa remaja itu masa yang lebih hedonis. Masa hedonis berarti masa remaja yang dipenuhi dengan hidup hura-hura, memikirkan kepentingan diri sendiri. Masa remaja yang benar adalah masa dimana Anda dibebani dengan tanggung jawab kewajiban agama. Seseorang harus berani menanggung resiko perbuatannya sendiri di hadapan Tuhan.

Berikut ini adalah tips gaul yang benar antara lain:

  • memiliki aqidah yang bersih.
  • menjalankan ibadah yang benar.
  • mempunyai akhlak yang baik.
  • berkekuatan jasmani yang baik.
  • intelek dalam berfikir.
  • melawan hawa nafsu.
  • pandai menjaga waktu.
  • teratur dalam sebuah urusan.
  • bermanfaat bagi orang lain

Di dalam Al-Quran surat Al-Mujadilah ayat 11 berisi Allah akan meninggikan orang-orang yang berilmu. Ketinggian derajat bagi orang-orang yang memiliki ilmu. Intelek dalam berfikir menjadikan diri kita gaul. Tidak hanya gaul berbahasa saja, seperti kepo, alay, kamsuplay, gaje, dll. Ilmu menjadi kebutuhan pokok untuk mencari kebahagiaan dunia dan akhirat.

Remaja yang gaul adalah remaja yang menjalankan ibadah dengan benar. Ibadah yang berupa kewajiban-kewajiban pokok yang harus diamalkan setiap muslim seperti solat, puasa, berzakat, dan haji bagi yang mampu. Bila kita mengabaikannya akan berdosa dan akan kufur bila tidak mau menunaikannya. Beribadah itu perlu mengetahui dalil-dalinya, baik yang didengar maupun yang tertulis. Dalil yang tertulis dalam kitab suci Al-Quran dan Sunnah Rasul menjadi pedoman buat kita semua. Landasan yang lain bisa bersumber dari penelitian para sahabat Rasul. Jadi, gaul itu menjadi remaja yang kritis dengan memiliki ilmu ibadah yang baik.

Gaul itu memiliki kekuatan jasmani yang baik. Segeralah berobat apabila Anda sakit. Jangan jadi remaja yang sakit-sakitan. Apalagi mengkonsumsi narkoba. Narkoba hanyalah kesenangan sesaat. Bagaikan Anda yang kehausan kemudian minum air garam, ya akan semakin haus. Lama-lama bisa mati karena kehausan. Jadilah remaja yang smart, sehat, dan peka terhadap lingkungan.

Gaul itu disiplin dan teratur. Remaja yang terbiasa hidup disiplin dan teratur sedari kecil, maka hidupnya akan berbeda daripada remaja yang suka menunda-nunda waktu. Dalam hidup ini ada dua hal yang tidak bisa diputar kembali. Dua hal itu adalah waktu dan uang. Waktu dan uang yang sudah Anda gunakan tidak akan bisa digunakan lagi. Biasakanlah menjadi orang yang disiplin supaya tidak korupsi.

Gaul itu bermanfaat untuk orang lain. Tuhan menciptakan manusia di dunia itu pasti ada manfaatnya. Pribadi yang bermanfaat bagi sesama, makhluk lainnya, dan lingkungan sekitar. Mengikuti organisasi atau sebuah komunitas adalah salah satu cara agar kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Misalnya, mengikuti organisasi remaja karang taruna, komunitas sepeda, komunitas kuliner, komunitas donor darah, komunitas pecinta reptil, atau komunitas pedagang.

Nah, sekilas mengenai tips gaul yang bisa memperbaiki diri sehingga tidak merusak iman kita. Gaul dengan memperbanyak ilmu dan ibadah. Bagi remaja belajar dengan sungguh-sungguh untuk meraih prestasi dan disiplin dalam hal apapun. Gaul dengan melakukan segala kebaikan terhadap sesama, makhluk lainnya, dan lingkungan sekitar. Jadikan pribadi yang bermanfaat. Baik, yakin Anda sudah gaul?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *